Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Kompetisi Mahasiswa Sekolah Bisnis Tingkat Regional Asia Tenggara

Kompas.com - 06/11/2014, 13:50 WIB
advertorial

Penulis

The 5th PPM Regional Business Case Competition atau RBCC merupakan ajang kompetisi analisis kasus bisnis tingkat regional (Asia Tenggara). RBCC 2014 merupakan kegiatan yang kelima kalinya dilaksanakan oleh PPM School of Management, Jakarta. RBCC ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan oleh PPM.

PPM RBCC 2014 kali ini diikuti oleh 73 tim dari 26 sekolah bisnis dan universitas dari negara Asia Tenggara dan China. Tim terdiri dari 3 orang mahasiswa strata dua (S-2) bidang manajemen. Peserta merupakan tim yang mewakili berbagai perguruan tinggi atau sekolah bisnis yang cukup ternama, antara lain ITB, UI, IPB, UGM, Binus, PPM School of Management, Chulalongkorn University Thailand, University of The Philippines Los Banos, University of Philippines Baguio, Fudan University China, dan lain-lain.

Panitia menyediakan total hadiah senilai Rp 50 juta atau 4.500 dollar AS untuk para pemenang kompetisi. Proses seleksi finalis The 5th PPM Regional Business Case Competition telah dilakukan sejak Juli 2014 lalu, di mana seluruh peserta diharuskan melakukan pendaftaran. Peminat kompetisi ini cukup banyak. Tercatat 73 tim mendaftarkan diri. Pada Agustus 2014, tim memasukkan hasil analisis studi kasus BCA. Dari 73 tim yang mendaftar, 61 tim mengumpulkan paper analisis.

Setelah melalui proses masa penjurian yang cukup ketat, pada September 2014, hingga terpilih 12 finalis. Para finalis yang terpilih ini selanjutnya berkompetisi pada tingkat final di Jakarta pada tanggal 3 dan 4 November 2014. Tim yang berhasil masuk final mempresentasikan hasil analisis. Pada kesempatan tersebut, juri juga akan menilai acara debat antar-finalis. Juri berjumlah 6 orang, yang terdiri dari akademisi dan praktisi bisnis, antara lain Bramantyo Djohanputri, PhD (Senior Faculty in Finance, Associate Dean for External Affairs, PPM School of Management, Jakarta); Eugene Keith Galbraith, PhD (Wakil Presiden Direktur BCA); Armand W Hartono, MSi (Direktur BCA); Prof Dr Andreas Budihardjo Surijah, MPsi (Professor in HR Management, Prasetiya Mulya Business School, Jakarta); Anthony Kuo, PhD (Director of MBA Program in International Management Fu Jen University, China); Bienvenido C Marzan, DBA (Ass Professor in the Master of Management Program The Institute of Management, University of The Philippines Baguio, Baguio City, Filipina).

Ke-12 tim finalis yang akan berlomba di final kompetisi berasal dari 6 perguruan tinggi atau sekolah bisnis dari Indonesia, yaitu ITB, UI, IPB, UGM, Binus, dan PPM, di mana MBA ITB Bandung  dan PPM School of Management berhasil menempatkan masing-masing 2 tim. Adapun 4 tim finalis lain berasal dari perguruan tinggi ASEAN dan China, yaitu 1 tim dari Chulalongkorn University Thailand, 1 tim dari University of The Philippines Los Banos, 1 tim dari University of Philippines Baguio, dan 1 tim dari Fudan University China.

PPM RBCC merupakan sebuah kompetisi yang mengangkat kasus bisnis dari perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Pada PPM RBCC 2014 kali ini, perusahaan yang diangkat adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA), salah satu bank swasta papan atas Indonesia. “Kami berharap PPM RBCC dapat menjadi salah satu sarana pembelajaran para mahasiswa strata dua dalam bidang manajemen, khususnya untuk dapat langsung menganalisis perusahaan ternama, dan berdiskusi dengan rekan-rekan dari berbagai sekolah tinggi atau perguruan tinggi bisnis lain,” ungkap Dr Ir Eva Hotnaidah Saragih, MA, Ketua Penyelenggara PPM RBCC sekaligus Koordinator dari Research Center & Case Clearing House, PPM School of Management, Jakarta.

Diharapkan ajang kompetisi ini dapat dipergunakan sebagai sarana tukar-menukar pengetahuan. PPM RBCC juga diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu manajemen di Indonesia. “Ajang ini kami kembangkan, selaras dengan komitmen PPM untuk memajukan SDM, khususnya generasi muda Indonesia, serta ilmu manajemen di Indonesia”, ungkap Eva.

Kepala Divisi Pelatihan dan Pengembangan (DPP) BCA Lena Setiawati menyatakan, ”BCA menyambut baik dan dukungan kegiatan The 5th PPM Regional Business Case Competition yang diselenggarakan oleh PPM School of Management. Tentunya, menjadi kehormatan bagi kami, BCA mewakili perusahaan di Indonesia untuk dijadikan studi kasus, yang dikompetisikan para peserta yang berasal dari 26 sekolah bisnis dan universitas di kawasan ASEAN dan China.”

Selain kegiatan final kompetisi studi kasus yang dilakukan di Gedung Menara BCA, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan kegiatan kunjungan ke Kantor Halo BCA di Serpong. “Sebelum acara final pada 4 November 2014, BCA memberikan kesempatan kepada finalis berkunjung dan lebih mengenal operasional layanan Halo BCA. Pada kunjungan ini para peserta menyaksikan bagaimana Halo BCA melayani nasabah. Kami berharap melalui kunjungan ini para finalis lebih mengenal dan memahami BCA. Hal ini juga dapat menambah wawasan mereka, khususnya untuk menghadapi babak final,” ujar Lena. (adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com