Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Guru Nasional, Anies Canangkan Revolusi Mental bagi Guru

Kompas.com - 24/11/2014, 15:28 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2014 pada Selasa (25/11/2014) besok. Sang menteri, Anies Baswedan, menyebutkan bahwa hal ini akan dijadikan momen untuk mengimplementasikan revolusi mental.

Tema HGN 2014 yang dibarengi dengan HUT Ke-69 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) tersebut, kata Anies, adalah "Mewujudkan Revolusi Mental Melalui Penguatan Peran Strategis Guru".

"Sesuai arahan Presiden, revolusi mental adalah konsep peningkatan kualitas manusia demi memajukan Republik Indonesia," ujar Anies melalui siaran pers jelang HGN, Senin (24/11/2014).

Anies mengatakan, sehebat apa pun suatu kelembagaan, selama ditangani oleh manusia yang salah kaprah soal pembangunan manusia, hal tersebut tak akan membawa kemajuan. Oleh sebab itu, sasaran yang difokuskan adalah peningkatan kualitas guru. Peningkatan kualitas guru akan menjadi fokus perhatian kementerian Anies pada tahun 2015.

Kepala Badan Sumber Daya Mutu Pendidikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Syawal Gultom mengatakan, program ini menitikberatkan pada penilaian kerja secara individu.

"Sepanjang milestone pembinaan guru, yaitu sejak 2004, (pembinaan) belum memberikan kinerja guru yang maksimal. Penguatan layanan yang profesional berbasis individu mesti dilakukan," ujar dia.

Sekadar informasi, milestone pembinaan para pengajar dimulai pada 2004 ketika guru dinyatakan sebagai sebuah profesi. Tahun 2006, hal tersebut dilanjutkan dengan sertifikasi. Tahun 2008, tunjangan profesi mulai dibayarkan.

Peningkatan kualitas guru, lanjut Syawal, juga dilakukan dengan menambahkan pendidikan dan pelatihan tatap muka guru, baik secara langsung atau maupun online. Rencananya, program ini akan berlangsung bagi 3,2 juta guru yang tersebar di 207-an sekolah di penjuru Indonesia, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com