Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalkan Riset untuk Memenangi Persaingan

Kompas.com - 26/11/2014, 17:48 WIB


KOMPAS.com - Untuk memenangi persaingan, riset tetap menjadi andalan. Product Marketing Manager PT SHARP Electronics Indonesia Darma Efendi menyampaikan hal itu saat berbicara pada peluncuran produk mesin cuci berkapasitas 10 kilogram seri Dolphinewaves, hari ini, Rabu (26/11/2014). Menurut Darma, data terkini menunjukkan bahwa pasar elektronik di Tanah Air tengah merosot penjualannya tahun ini. Total angkanya menunjukkan hingga sepuluh persen.

Namun begitu, sampai dengan bulan kesembilan 2014, mesin cuci terbilang paling sedikit penurunannya ketimbang sektor lain di bidang elektronik. Secara nasional penjualan mesin cuci cuma turun 3,4 persen. Di sektor itu, penjualan mesin cuci dua tabung hanya melorot 2,1 persen. Total pasar mesin cuci berada di kisaran 3,2 juta unit.

Sementara itu, terjadi peningkatan minat masyarakat terhadap mesin cuci dua tabung berkapasitas besar atau di atas delapan kilogram. Menurut Darma, untuk varian ini, pihaknya sudah melepas ke pasaran mesin cuci dua tabung berkapasitas mulai dari enam hingga sembilan kilogram.

Sebelum memperkenalkan varian sepuluh kilogram, imbuh Darma, pihaknya melakukan survei ke masyarakat kebanyakan. Sementara, menurut Presiden Direktur PT SHARP Electronics Indonesia Fumihiro Irie, “Kami melihat minat konsumen untuk produk mesin cuci dua tabung berkapasitas besar makin tinggi. Hal itu terlihat dari hasil riset internal yang telah kami lakukan di pasar Indonesia.”

Di Makassar, hasil riset menunjukkan adanya kebutuhan mesin cuci berkapasitas besar karena konsumen keluarga perlu mencuci handuk, selimut, sprei, penutup tempat tidur, hingga tirai.

Lalu, riset di Palembang dan Serang menunjukkan, kebutuhan mesin cuci yang mampu bekerja dengan pasokan air tanah yang belum bermutu tinggi. "Konsumen juga memerlukan mesin cuci yang hemat listrik," tuturnya.      

Berangkat dari kenyataan-kenyataan itulah, lanjut Darma, pihaknya meluncurkan varian sepuluh kilogram tadi. Untuk menjawab kebutuhan kualitas hasil cucian, terang Darma, pihaknya melakukan inovasi pulsator berbentuk ekor lumba-lumba. "Ini untuk memperkuat putaran air hingga menghasilkan pencucian bersih sempurna," katanya.

Terkait target penjualan, tambah General Manager Product Planning Division PT SHARP Electronics Indonesia Herdiana Anita Pisceria dalam kesempatan itu, pihaknya mematok angka 80.000 unit penjualan mesin cuci ini per bulannya. Dengan sasaran ini, terang Herdiana, pihaknya bisa mendongkrak penguasaan pasar pada 2013 di posisi 22,8 persen menjadi 25,2 persen sampai dengan akhir 2014.

Herdiana menambahkan, pihaknya mencatatkan hanya sepuluh persen ekspor mesin cuci. Selebihnya, untuk penjualan domestik. Untuk menambah daya tarik bagi konsumen dalam negeri, fitur-fitur pada produk mesin cuci tersebut sudah menggunakan bahasa Indonesia.

Primus Untuk menambah daya tarik bagi konsumen dalam negeri, fitur-fitur pada produk mesin cuci SHARP sudah menggunakan bahasa Indonesia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com