Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju, Tantangan Menarik di Finlandia

Kompas.com - 27/11/2014, 20:40 WIB

KOMPAS.com - Catatan menunjukkan, Finlandia adalah negara dengan kawasan paling bersalju di Eropa. Di negara seluas 330.000 kilometer persegi itu, banyak kalangan menemukan tantangan pada salju yang terus-menerus ada sepanjang tahun. Rata-rata suhu di negara itu saat musim dingin tiba bisa mencapai 30 derajat Celcius di bawah nol.

Hal yang sama dilakukan oleh perusahaan negara minyak dan gas bumi asal Indonesia, Pertamina. Melalui PT Pertamina Lubricants, diluncurkan program Fastron Winter Driving Experience (FWDE) di Finlandia.

Program ini resmi diluncurkan pada 26 November 20114. Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat umum merasakan sensasi mengemudi mobil super di atas salju di Finlandia.  Program ini dapat diikuti oleh para peserta dengan cara mendaftar melalui formulir yang disediakan di www.pertamina.com/drivingexperience . Nantinya, tiga orang pemenang akan dipilih dari 20 orang, setelah sebelumnya dilakukan seleksi final di Gunung Bromo, dengan melalui beberapa tes fisik. Pilihan pada tes fisik ini untuk memastikan peserta dapat bertahan di dalam udara dingin yang ekstrem.

Pertamina Lubricants melalui FWDE juga meluncurkan laman mikro ihwal berkendara yang baik bertajuk Driving Experience. Di dalam laman mikro itu akan diperkenalkan pengalaman berkendara dengan mematuhi peraturan umum, memahami pentingnya keselamatan diri sendiri dan orang lain sekaligus tidak mengesampingkan keceriaan dari pengalaman berkendara tersebut.

Lebih dari dua puluh enam negara di dunia telah menjadi negara tujuan ekspor pelumas Pertamina. Masyarakat dunia seperti di Australia, Italia, Belgia, Pakistan, Uni Emirat Arab (UEA), Banglades, Mynamar, Singapura, Taiwan, dan Jepang sudah mengakui keunggulan produk-produk Fastron.

PT Pertamina Lubricants sebagai produsen dari Fastron, juga telah mensponsori banyak event-event penting, terutama di dunia balap mulai dari Asia Pasific Rally Championship (APRC), World Rally Championship (WRC), Rally America, GP 2, Formula Asia dan lain-lain. Fastron juga telah diuji dalam perjalanan menjelajah benua Eropa dan Asia. Tujuannya, membuka mata dunia tentang produksi pelumas asli Indonesia yang kualitasnya benar-benar sudah mendunia.

KompasOtomotif Rifat Sungkar akan dampingi peserta ke Finlandia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com