Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: "Supply Chain" Itu Penting dalam Proses Bisnis!

Kompas.com - 29/11/2014, 12:23 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Council of Supply Chain Management Professionals menyatakan bahwa supply chain di Indonesia sedang berkembang pesat. Supply chain meliputi perencanaan dan manajemen dari semua aktivitas dalam sumber pengadaan, konversi, semua kegiatan manajemen logistik, mencakup koordinasi dan kerjasama dengan mitra saluran yang dapat menjadi pemasok, perantara, penyedia layanan pihak ketiga dan pelanggan.

Demikian hal itu dipaparkan oleh pengamat sekaligus Executive Dean Binus Business School, Ir Firdaus Alamsjah, pada "Expert Session" bertema Supply Chain Management yang digelar Binus Business School (BBS) bekerja sama dengan Malaysia Institute for Supply Chain Innovation (MISI) di Jakarta, Rabu (26/11/2014) lalu. Diskusi panel tersebut juga menghadirkan pengamat Dr Mahender Singh (MISI), serta Prof Bahtiar Saleh Abbas, Vice Rector-Research & Tech Transfer Binus University sebagai moderator.

Pada sesinya, Firdaus berbicara mengenai "Triple A in Supply Chain" yang meliputi Agility, Adaptability dan Alignment. Dia mengatakan, pada dasarnya, manajemen rantai suplai mengintegrasikan manajemen penawaran dan permintaan di dalam dan seluruh perusahaan.

Berdasarkan Agility, menurut Firdaus, suatu perusahaan harus memiliki ketangkasan dalam sistem manajemen rantai suplai. Dia mengambil contoh brand ZARA sebagai studi kasusnya. Menurutnya, ZARA memiliki ketangkasan dalam memenuhi permintaan konsumen dan selalu dapat memenuhi permintaan konsumen yang tidak menentu.

"Berdasarkan adaptability-nya perusahaan juga harus dapat beradaptasi sesuai permintaan konsumen. Sementara alignment itu menggambarkan posisi tepat antara perusahaan dan pemasoknya. Kombinasi ketiga 'A' itu akan menghasilkan Supply Chain Winning Strategies," kata Firdaus.
 
Dia menambahkan, bahwa manajemen rantai suplai merupakan bagian sangat penting dalam sebuah proses bisnis. Tanpa hal itu, proses bisnis tak dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Mahender Singh memaparkan tema "Improving Supply Chain Performance". Mahender menjelaskan bahwa dalam menghadapi supply chain saat ini perusahaan tidak harus terpaku dengan prosedur-prosedur yang sudah ada.

"Perusahaan-perusahaan sekarang harus selalu membuat inovasi baru yang dapat memunculkan beragam opsi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com