Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mohammad Nuh: Perguruan Tinggi Harus Menyiapkan "Generasi 2045"

Kompas.com - 29/11/2014, 13:25 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa peran perguruan tinggi sangat penting dalam menyiapkan generasi muda menyongsong satu abad kemerdekaan Indonesia atau generasi 2045. Nuh menjelaskan, peran pendidikan tinggi dalam kemajuan suatu bangsa sangat penting dan harus diletakkan sebagai pilar utama.
 
Demikian dipaparkan Nuh pada materi kuliah terbuka berjurul 'Membangun Generasi 2045 dan Peran Perguruan Tinggi’ di kampus Universitas Matana, Gading Serpong, Tangerang, Rabu (26/11/2014). Nuh menjelaskan, pendidikan harus menjadi dasar pembangunan daya saing bangsa Indonesia.

"Di sinilah pentingnya peran perguruan tinggi dalam membangun kapasitas dan kapabilitas keilmuan generasi muda, termasuk membentuk karakter anak bangsa. Kita harus memahami bahwa tantangan global dan dinamika nasional mengharuskan kita mampu memperkuat jati diri sebagai bangsa yang besar," ujar Nuh.

Dia menambahkan, bahwa Indonesia memiliki potensi dan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang luar biasa. Potensi tersebut harus menjadi modal dasar bangsa menuju bangsa yang hebat.

"Generasi tahun 2045 harus menjadi generasi utama atau generasi emas bangsa ini," ujarnya.
 
Ervan Adi Nugroho, selaku Ketua Yayasan Matana mendukung pendapat Nuh tersebut. Sebagai pengelola pendidikan tinggi, pihaknya memiliki tangungjawab besar dalam mempersiapkan generasi penerus yang berkualitas dan bersaing.

"Generasi 2045 atau kita sebut generasi emas ini harus didukung melalui pengembangan sumber daya manusia dengan cara membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh anak bangsa untuk memasuki dunia pendidikan hingga perguruan tinggi," kata Ervan.
 
Pada kesempatan sama, Johannes Pradjitno, Rektor Universtas Matana menjelaskan untuk mempersiapkan generasi masa depan Indonesia yang berdaya saing itu perlu persiapan dari sekarang. Peran perguruan tinggi diperlukan untuk membangun generasi bangsa yang cakap secara intelektual, teguh dalam pendirian dan siap menghadapi tantangan zamannya.

Adapun Universitas Matana merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di kota Gading Serpong, Tangerang. Saat ini perguruan tinggi tersebut telah mengembangkan 10 program studi, di antaranya manajemen bisnis, desain komunikasi visual, perhotelan, arsitektur dan multimedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com