Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersekolah Jauh Lebih Baik

Kompas.com - 05/12/2014, 18:55 WIB


KOMPAS.com - Bersekolah jauh lebih baik ketimbang tidak. Makanya, jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan bersekolah. Sepenggal pendapat ini muncul dalam diskusi Tanoto Enterpreneurship Series yang menjadi kegiatan rutin Tanoto Foundation dengan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI). Pada diskusi Jumat (5/12/2014) itu, tampil sebagai pembicara antara lain Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Presiden Direktur PT Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat. Kemudian, Anderson Tanoto, putra taipan Sukanto Tanoto ikut ambil bagian mengawali diskusi tersebut.

Catatan menunjukkan, Susi dan Irwan Hidayat adalah sosok pengusaha yang terbilang minim pendidikan formal. Namun demikian, kegigihan sikap dan kemampuan berinovasi membuat keduanya menjadi pengusaha sukses. Susi Pudjiastuti yang juga menjadi pemilik Susi Air, maskapai penerbangan khusus carter dan kargo terbesar di Indonesia.

Sementara itu, Irwan Hidayat adalah pengusaha yang berhasil membawa perusahaan jamu berkembang pesat dengan penggunaan teknologi modern. "Tapi, menurut saya, bersekolah jauh lebih baik dari pada tidak bersekolah," kata pria kelahiran Yogyakarta pada 23 April 1947 itu menekankan.

Baik Susi dan Irwan sempat memaparkan kiat-kiat menjadi pengusaha yang berhasil. Kegigihan menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang pengusaha. Kegigihan itu membuat orang yang merealisasikan kewirausahaan mampu menghadapi tantangan. "Bukan pengusaha namanya kalau tidak bisa menghadapi tantangan," kata Irwan Hidayat.

Selain kegigihan, kedua sosok sentral diskusi itu juga mencatatkan inovasi sebagai ciri khas pengusaha. Inovasi itu adalah satu keberhasilan dari seratus kegagalan.

Dok Tanoto Foundation Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto, pada kegiatan Gerakan Guru Indonesia Kreatif memeriahkan Hari Guru Nasional di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, 25 November 2013 lalu.

Yang juga penting, lanjut Irwan, adalah kemampuan untuk mempromosikan produk di segala tempat dan waktu. "Saya tidak pernah semenit pun mempromosikan produk saya di mana saja," kata pria berkacamata ini.

Selanjutnya, imbuh Irwan Hidayat yang masuk dalam catatan Forbes sebagai pendatang baru di daftar orang terkaya di Indonesia itu, seorang pengusaha harus berani mengeksekusi rencana mulai dari perkembangan hingga promosi dan sebagainya. "Jangan terlalu banyak berpikir. Langsung eksekusi," kata pemilik Hotel Tentrem ini sembari melempar senyum.

Paling penting yang menjadi catatan pamungkas Irwan adalah keyakinan seorang yang menjalankan wirausaha akan adanya bantuan dari Yang Mahakuasa. "Bagi saya, selalu ada bantuan dari Yang Mahakuasa. Makanya, jangan lupa berdoa untuk kelangsungan usaha," demikian Irwan Hidayat.
 
Catatan menunjukkan, Tanoto Enterpreneurship Series diseleenggrakan beberapa kali dalam setahun. Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah hadir dalam kapasitas keduanya sebagai pelaku wirausaha. Selain keduanya, narasumber sukses lainnya adalah Anne Avantie, Ni Luh Djelantik, Mooryati Soedibyo, Noni Purnomo, Martin Hartono, dan Sudhamek AWS.

TRIBUNNEWS/HERUDIN Direktur Utama PT Sido Muncul, Irwan Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com