Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Kuliah di Jepang, Belajarnya dengan Bahasa Inggris, Mau?

Kompas.com - 30/01/2015, 11:13 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com – Dalam “kamus internasionalisasi” pendidikan tinggi di Jepang, penggunaan bahasa Inggris adalah hal mutlak diterapkan sebagai bahasa pengantar kuliah. Di sisi lain, bahasa Jepang tetap masuk dalam kurikulum tersendiri sebagai keahlian khusus yang harus dimiliki mahasiswa internasional.

"Reformasi di bidang pendidikan tinggi di Jepang memang terus bergulir lewat konsep internasionalisasi, yaitu menyiapkan sumber daya manusia global,” kata Akitoshi Miyashita, profesor bidang politik internasional Tokyo International University (TIU), kepada KOMPAS.com, Jumat (23/1/2015) lalu.

Berpegang pada prinsip itulah, lanjut Miyashita, pada April 2014 lalu TIU membentuk English Track Program atau E-Track. Semua mata kuliah dalam program ini diambil dengan bahasa Inggris.

"Tapi, meskipun belajar dengan bahasa Inggris, program ini juga akan mengajarkan bahasa Jepang, studi tentang Jepang, dan sebagainya sehingga mahasiswa dapat mempelajari berbagai macam hal di sini," kata Miyashita.

E-Track dibuka untuk dua jurusan, yaitu Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional. Namun, memang tak hanya bahasa Inggris, karena dalam program ini para mahasiswa juga sangat dianjurkan mempelajari bahasa Jepang. Baca: "E-Track", Pintu Gerbang Menjadi Mahasiswa Global di Jepang!.

Bahasa Jepang mutlak diperlukan mahasiswa untuk menjalani kehidupan sehari-harinya dengan nyaman di Negeri Sakura itu. Setelah masuk TIU, pihak universitas menyediakan kurikulum khusus untuk pembelajaran bahasa Jepang.

"Ini perlu agar mahasiswa dapat berbahasa Jepang dalam waktu singkat. Dengan meningkatkan pengetahuan bahasa Jepang itu, mahasiswa bisa memanfaatkan kemampuannya untuk bekerja di perusahaan Jepang atau instansi-instansi global ke depannya," ujarnya.

Dok Fujistaff Indonesia E-Track dibuka untuk dua jurusan, yaitu Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional. Namun, memang tak hanya bahasa Inggris, karena dalam program ini para mahasiswa juga sangat dianjurkan mempelajari bahasa Jepang

Beasiswa

Semua calon mahasiswa program E-Track berhak meraih beasiswa. TIU memberikan beasiswa berupa pengurangan biaya mata kuliah (tuition reduction) dari 30 persen hingga 100 persen. Beasiswa tersebut dapat diajukan ketika ujian masuk, dan pengumumannya dilaksanakan bersamaan dengan pengumuman kelulusan.

"Beasiswa yang diterima berlaku selama empat tahun sepanjang si mahasiswa bisa mempertahankan prestasinya," ujar Miyashita.

Dia menambahkan bahwa sistem akademik dalam program ini adalah sistem semester. Satu semester biasanya terdiri dari 15 minggu.

"Calon mahasiswa bisa masuk kuliah pada semester musim semi yang dimulai dari April atau semester musim gugur mulai September. Selain itu, ada juga program 5 tahun untuk mendapat gelar S-1 dan S-2,” tuturnya.

Untuk menambah pengetahuan, lanjut Miyashita, TIU memberikan kesempatan kepada mahasiswa program E-Track untuk meraih double degree melalui sistem study abroad TIU. Program itu akan diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat mendapatkan dua gelar sekaligus dari TIU dan sister university dari TIU, yaitu Willamete University di pantai barat Amerika Serikat.

Dok Fujistaff Indonesia Tokyo International University memberikan kesempatan kepada mahasiswa program E-Track untuk meraih double degree melalui sistem study abroad TIU.
"Sebagai sister university, para pengajar dari Willamete University memegang beberapa mata kuliah dalam program E-Track di TIU. Bagi mahasiswa yang ingin berprestasi mengikuti program gelar ganda ini harus memenuhi dulu persyaratan yang ditetapkan kedua perguruan tinggi,” ujar Miyashita.

Adapun periode pendaftaran ujian masuk program E-Track musim semi 2015 dibuka pada Jumat, 6 Februari 2015, hingga Jumat, 20 Februari 2015, mendatang. Bagi yang tertarik meraih beasiswa, ada baiknya sebelum melakukan proses pendaftaran membaca panduan pendaftaran (application guideline). Hal ini penting agar tak ada kesalahan dan membuang waktu.

Pendaftaran online bisa dilakukan melalui tiu.applyjapan.com. Khusus application guideline-nya bisa diunduh di http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/application_guideline_2015.pdf. Untuk pamfletnya dapat diunduh di http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/etrack_school_Brochure.pdf.

Tak cuma secara online. Untuk konsultasi, Anda bisa berhubungan langsung dengan PIC TIU di Jakarta (Fuji Staff) dengan bahasa Indonesia melalui telepon 021-252-3716  atau e-mail: tiu@fujistaff.co.id. Anda juga bisa secara langsung berkomunikasi dengan Tokyo Office menggunakan bahasa Inggris atau Jepang di +81-3-3362-9644 dan e-mail: etrack@tiu.ac.jp.

Baca: Dibuka... Beasiswa Program "E-Track" di Tokyo International University!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com