Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Desain Kerja Sama SAR Multilateral

Kompas.com - 04/02/2015, 16:13 WIB


KOMPAS.com - Sebanyak 15 negara di kawasan Asia Timur mendesain kerja sama penanganan kecelakaan secara multilateral melalu lembaga SAR masing - masing negara.
Kepala Basarnas Faustinus Henry Bambang Soelistyo usai membuka Regional Seminar, "On The Implementasion of A Global SAR Plan for East Asia" di Jakarta, kemarin menjelaskan, desain kerja sama lembaga SAR di 15 negara Asia Timur dibahas dalam seminar tersebut.

"Tujuan seminar  adalah untuk  membangun kesiapan bersama lembaga SAR di regional dan kawasan  Asia Timur dalam penanganan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan pesawat  udara  maupun kapal laut. Kesiapan bersama SAR negara kawasan harus dibangun untuk operasi kemanusiaan agar elemen - elemen SAR masing - masing negara kawasan  selalu siap sehingga  ketika terjadi kecelakaan mereka cepat bergerak. Kesiapan elemen - elemen SAR sangat penting untuk melakukan operasi kemanusiaan," jelas dia.

Laman ASEAN.org dalam catatannya mengatakan upaya SAR sudah menjadi bagian penting kerja sama regional sejak 2010 silam. Waktu itu, para menteri luar negeri ASEAN pada KTT ASEAN di Hanoi, Vietnam, meneken kesepakatan kerja sama tersebut. Kerja sama itu berdasar antara lain pada Konvensi-konvensi PBB 1982 tentang Hukum Laut Internasional serta Konvensi mengenai Keamanan Kehidupan di Laut.

Selama ini tambah Soelistyo, kerja sama operasi SAR hanya dilakukan secara bilateral antardua negara, seperti antara Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Singapura ataupun Indonesia dengan Australia dengan pola kegiatan latihan bersama operasi penanganan kecelakaan dan  peningkatan kapasitas dan kemampuan lembaga SAR ke dua negara. "Ke depan harus dibangun sistem multilateral bagaimanan kesiapan SAR negara - negara  di kawasan bisa padu," tambah seraya berharap kerja sama multilateral kesiapan SAR negara - negara kawasan Asia Timur bisa cepat terealisasi.

Ke-15 negara yang hadir dalam seminar itu adalah Indonesia, Brunei, Kamboja, Tiongkok, Jepang, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Dalam seminar tersebut, peserta  memaparkan pengalaman SAR negara masing - masing. Indonesia sebagai tuan rumah  memaparkan penanganan kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com