Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Ingin Suasana Belajar Menyenangkan bagi Siswa

Kompas.com - 30/03/2015, 11:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com
- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperkuat program pendidikan dengan meningkatkan profesionalitas dan kompetensi guru. Anies menyatakan bahwa pendidikan harus menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa.

"Berbicara mengenai pendidikan, selama ini kita banyak berbicara bukan pada pelakunya," kata Mendikbud Anies dalam acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Senin (30/3/2015).

Anies menyebutkan, kunci dari pendidikan adalah penguatan aktor pendidikan, yakni guru, kepala sekolah, pengawas, orangtua, dan siswa. Fokus pengembangan pendidikan akan diarahkan pada para aktor pendidikan tersebut. Menurut Anies, para pelaku pendidikan itu merupakan komponen paling strategis dalam upaya mencerdaskan bangsa.

"Guru adalah kunci. Profesionalitas dan kompetensi guru yang sejatinya menentukan suasana di dalam kelas agar menyenangkan bagi siswa," kata mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut.

Ia juga mengimbau agar insan pendidikan tidak sekadar melihat pendidikan sebagai pelaksanaan program, tetapi sebagai sebuah gerakan.

RNPK 2015 diikuti 916 peserta mulai dari kepala dinas, praktisi pendidikan, Kemdikbud, dan para pemangku kepentingan. Hasil dari RNPK diharapkan dapat mengevaluasi program dan capaian kinerja pembangunan pendidikan dan kebudayaan di masing-masing unit dan daerah pada 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com