Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Solusi Dinas Pendidikan soal Siswa Inklusi SMK Negeri 6

Kompas.com - 01/04/2015, 22:35 WIB
Tara Marchelin Tamaela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyediakan soal ujian nasional (UN) paper-based test (PBT) bagi siswa berkebutuhan khusus atau inklusi yang memiliki kendala dalam mengerjakan UN dengan sistem computer based test (CBT). Hal ini juga menjadi solusi bagi siswa SMK Negeri 6 Jakarta Selatan yang kesulitan menghadapi UN CBT Bahasa Inggris.

"Kalau untuk inklusi sendiri, solusinya nanti dia akan ikut ujian PBT," kata Junaedi, Kepala Seksie Kurikulum Bidang SMK Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Junaedi menjelaskan, nantinya Priyanka Irfan, siswa inklusi siswa SMK Negeri 6 akan menjalani UN PBT hanya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Sementara pada mata pelajaran lainnya, Priyanka akan tetap mengikuti UN CBT. Jika siswa SMK Negeri 6 lainnya akan mengerjakan soal Bahasa Inggris dengan cara mendengarkan naskah yang dibacakan, maka Priyanka akan diberikan soal yang dapat ia baca sendiri.

"Karena enggak bisa dengar, makanya nanti dia membaca saja," ungkap Junaedi kepada Kompas.com.

Selain itu, Junaedi mengatakan bahwa akan disediakan pendamping yang dapat membantu anak-anak inklusi terkait hal-hal teknis. Pendamping tersebut merupakan guru-guru yang berasal dari sekolah yang bersangkutan.

Sebelumnya diberitakan, salah satu siswa di SMK Negeri 6 Jakarta Selatan merasa kesulitan menghadapi ujian nasional (UN) Bahasa Inggris dengan sistem computer based test. Sebab, siswa tersebut harus mengerjakan ujian mendengarkan atau listening pada mata pelajaran Bahasa Inggris meskipun memiliki keterbatasan pendengaran.

"Kalau baca tulis saya bisa, kesulitannya di listening Bahasa Inggris. Kondisi saya begini, kenapa harus ikut listening?" ujar Priyanka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com