Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus di Jakarta Lebih Menjual Gaya Hidup

Kompas.com - 10/04/2015, 16:53 WIB
Aldo Fenalosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampus perguruan tinggi di kota Jakarta umumnya mempunyai kelemahan pada aksesibilitas lokasi dan aksesibilitas fasilitas teknologi. Padahal, mahasiswa ibu kota seharusnya mendapat kenyamanan dari dua hal tersebut.

Akademisi pendidikan tinggi Rhenald Kasali menyebutkan bahwa kampus ideal di ibu kota haruslah kosmopolitan agar para mahasiswa tidak terbebani masalah teknis saat mereka belajar. Hal ini, menurut Rhenald, memengaruhi semangat dan pola belajar mahasiswa.

"Kampus yang ideal di ibu kota itu harus kosmopolitan, dapat memberikan suasana nyaman bagi anak-anak itu agar mereka bisa belajar sedekat mungkin dengan rumahnya. Akses internet juga harus baik karena semua orang di ibu kota saat ini menghadapi masalah kelambanan teknologi," katanya.

Saat ditemui Kamis (9/4/2015) lalu, Rhenald juga mengkritik mahalnya biaya pendidikan di kampus-kampus yang ada di Jakarta. Saat ini untuk menikmati layanan kampus yang lengkap, mau tak mau mahasiswa harus merogoh kocek yang tidak sedikit, yaitu masuk universitas menengah atas.

Hal ini dikhawatirkan menimbulkan ketimpangan sosial. Padahal menurutnya, biaya tersebut bisa ditekan agar semua kalangan bisa belajar di kampus yang ada di pusat kota.

"Sayangnya, kampus di Jakarta terlalu menjual gaya hidup karena dikembangkan oleh mereka yang mentalnya raja tanah atau properti. Jadi salah satu tujuan mereka bikin kampus itu adalah meningkatkan harga tanah dan apartemen dan superblok di sekitarnya," papar Rhenald.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com