Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TIU, Peluang Belajar di Jepang Tanpa Batasan Bahasa!

Kompas.com - 24/04/2015, 11:07 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com - Ujian masuk E-Track Program di Tokyo International University (TIU) untuk keberangkatan September 2015 kembali dibuka. Untuk memberikan kesempatan belajar lebih leluasa bagi calon mahasiswanya, TIU menerima mahasiswa dua kali dalam satu tahun.

Pelajar bisa memilih masuk kuliah pada semester musim semi yang dimulai pada April atau semester musim gugur pada September dengan sistem akademik terdiri dari 15 minggu. Pendaftarannya dibuka Jumat (24/4/2015) hingga Jumat (8/5/2015) mendatang untuk keberangkatan September 2015.

Perguruan tinggi yang berdiri sejak 1965 itu memiliki lima fakultas untuk program S-1 dan empat fakultas untuk program S-2. Selain itu, ada program akselerasi, yaitu dalam lima tahun bisa mendapat gelar S-1 dan S-2 sekaligus.

Peminat English Track atau E-Track Program bebas memilih dua jurusan yang ditawarkan, yaitu Bisnis Ekonomi dan Hubungan Internasional. Dengan lebih dari 6.000 mahasiswa, termasuk 700 mahasiswa asing berasal lebih dari 30 negara, pada April 2014 lalu TIU resmi membuka E-Track Program.

Dok Fujistaff Indonesia Dengan lebih dari 6.000 mahasiswa, termasuk 700 mahasiswa asing berasal lebih dari 30 negara, pada April 2014 lalu TIU resmi membuka E-Track Program.
"Kami ingin memberi kemudahan pada mahasiswa internasional untuk belajar di Jepang. Di Kampus kami ada mahasiswa dari Amerika, Nepal, Perancis, Korea, Vietnam, dan masih banyak lagi termasuk Indonesia. Ditambah lagi, kampus kami terletak di Tokyo yang terkenal dengan kemajemukannya," ujar Akitoshi Miyashita, profesor bidang politik internasional Tokyo International University, Jumat (17/4/2015).

Miyashita menambahkan, E-Track Program juga menawarkan beasiswa khusus berupa pengurangan 30 persen sampai 100 persen biaya mata kuliah (tuition reduction).

"Syarat pendaftaran ujian masuk dan beasiswa sangat gampang, hanya melalui seleksi dokumen," ujar Miyashita.

Pelajar dapat mendaftarkan beasiswa saat ujian masuk. Dokumen mencakup satu essai dalam bahasa Inggris, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, seperti IELTS (minimal skor 5,5), TOEFL IBT (minimal skor 61), atau TOEIC (minimal skor 700), dan persyaratan lainnya sesuai dengan petunjuk pendaftaran.

Pengumuman beasiswa bisa dilihat bersamaan dengan pengumuman kelulusan. Beasiswa E-Track Program TIU berlaku selama 4 tahun masa kuliah, sesuai dengan prestasi yang dimiliki penerima.

Dok Fuji Staff Indonesia/Tokyo International University (TIU) Pada upacara penerimaan mahasiswa tahun ajaran baru kali ini pun mahasiswa baru Tokyo International University (TIU) disambut bunga-bunga Sakura yang bermekaran dalam lingkungan kampus serta senyum hangat para seniornya.
Beragam program dan fasilitas

Saat ini, walaupun perkuliahan diberikan dalam Bahasa Inggris, TIU tetap menganjurkan mahasiswa E-Track Program untuk mempelajari Bahasa Jepang. Universitas menyediakan kurikulum khusus yang membantu mahasiswa dapat menguasai bahasa Jepang dalam waktu singkat. Kelas Japan Studies juga diberikan untuk menambah pengetahuan mahasiswa mengenai hidup di Jepang.

"Tentu saja ini akan membantu mahasiswa nyaman tinggal di Jepang. Bekal bahasa Jepang kelak juga bisa digunakan untuk seleksi bekerja di perusahaan Jepang atau perusahaan multinasional lainnya," ujar Miyashita.

Tak hanya itu. Program E-Track juga memberikan kesempatan mahasiswanya mengambil program study abroad TIU. Bekerja sama dengan Willamete University, program study abroad memberikan dua gelar sarjana. Selain itu, beberapa mata kuliah dalam program E-Track diajarkan oleh dosen dari universitas asal Amerika tersebut.

"Kampus juga memiliki fasilitas English Plaza sebagai pusat bahasa tempat berinteraksi para mahasiswa. Tidak ketinggalan kantor pertukaran pelajar internasional dan bimbingan dari universitas untuk mendukung perjalanan akademik mahasiswa kami," tambah Miyashita.

Pelajar yang berminat dapat mengunduh petunjuk pendaftaran di http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/application_guideline_2015.pdf. Selain itu, temukan juga informasi pada pamfelt TIU di http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/asset/docs/etrack_school_Brochure.pdf.

Para pelajar juga dapat melakukan pendaftaran online melalui https://tiu.applyjapan.com/. Untuk memudahkan, TIU juga menyediakan fasilitas konsultasi bersama perwakilannya di Jakarta. Hubungi kantor Fuji Staff di (021) 2523716 atau e-mail ke tiu@fujistaff.co.id. TIU juga membuka dialog langsung ke Kantor Cabang Tokyo di (+813) 33629644 dan etrack@tiu.ac.jp.

Tentunya, jangan ketinggalan berita terkini mengenai E-Track Program TIU dengan memberi like di Facebook E-Track atau di http://www.tiu.ac.jp/english/etrack/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com