Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Wajibkan Anak Ikut PAUD Sebelum Masuk SD

Kompas.com - 04/05/2015, 10:14 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KEPULAUAN SERIBU, KOMPAS.com — Pendidikan anak usia dini (PAUD) bisa menjadi investasi murah bagi masyarakat kepulauan. PAUD wajib diberikan untuk anak-anak usia dini sebelum masuk ke tingkat sekolah dasar (SD).

"Pendidikan di kepulauan itu harus merakyat dan berkualitas dan itu bisa didapatkan lewat PAUD. Tetapi, PAUD harus memiliki standar yang tinggi supaya bisa memberikan pendidikan dasar pada anak sebelum masuk ke tingkat SD," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal (Sesditjen PAUDNI) Kemendikbud, Ella Yulaelawati, pada pelatihan keterampilan di bidang pariwisata dan kemaritiman di Kepulauan Seribu, Sabtu (2/5/2015).

Ella mengatakan, ke depannya, PAUD akan diwajibkan kepada setiap anak sebagai salah satu syarat pendidikan sebelum masuk SD, minimal satu tahun. Tujuannya untuk memperkenalkan tata cara belajar kepada anak agar bisa memahami dengan mudah saat masuk ke tingkat SD.

"Banyak hal yang bisa dilakukan dalam memberi pembelajaran kepada anak. Belajar membaca sebagai pengetahuan dasar untuk anak, namun jangan terlalu terus-menerus membaca. Semua harus disesuaikan dengan kondisi anak supaya tidak mudah bosan," kata Ella.

Dia menambahkan, saat ini PAUD menjadi prioritas dalam memberikan penanaman pendidikan karakter pada anak. Hal ini menjadi tujuan Kemendikbud dalam Gerakan PAUD Berkualitas. Saat ini total ada sekitar 73.000 PAUD di seluruh wilayah Indonesia dan akan mendapatkan pengembangan dalam meningkatkan kualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com