Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Negara Ikuti International Science Project Olympiade di Jakarta

Kompas.com - 05/05/2015, 02:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 31 negara berpartisipasi pada International Science Project Olympiade (ISPRO) 2015 tingkat SMA untuk bidang penelitian di Jakarta pada 3-9 Mei 2015.

"ISPRO 2015 menjadi tahun ketiga bagi Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan tersebut. ISPO melombakan bidang penelitian biologi, fisika, kimia, lingkungan dan teknologi," kata Dirjen Pendidikan Menengah Kemdikbud Achmad Jazidie di sela-sela acara pembukaan ISPRO di Jakarta, Senin (4/5/2015).

Kompetisi ini, kata Achmad, bertujuan menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan usia muda. "Kami ingin siswa memiliki kesadaran akan aksi global dalam menyerukan perlindungan terhadap planet bumi, pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dan gaya hidup yang ramah lingkungan."

Delegasi Indonesia mengikutsertakan 10 naskah penelitian. Naskah tersebut merupakan hasil seleksi Olimpiade Penelitian siswa Indonesia (OPSI) dan Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dalam bidang kesehatan, pertanian, elektronika, dan biologi.

Beberapa negara yang terlibat dalam ISPRO 2015 antara lain Indonesia, Australia, Afganistan, Kroasia, Mesir, Sri Lanka. Myanmar, Nigeria, Pakistan, Filipina, Turki dan sebagainya.

Selain terlibat dalam ISPRO, Indonesia juga akan mengirimkan delegasinya pada kompetisi sains tingkat internasional yaitu Intel-International Science Engineering Fair (Intel-ISEF) pada 10-15 Mei di Pennsylvania, USA, dan International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) pada 26 Juli - 4 Agustus di Magelang, Jateng. Intel ISEF merupakan ajang kompetisi terbesar pra perguruan tinggi tingkat dunia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com