Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Cikarang Resmi Punya Sekolah Jepang

Kompas.com - 05/05/2015, 17:40 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKARANG, KOMPAS.com - Hikari Japanese School, sekolah bertaraf internasional di Central Business District (CBD) Orange County di Lippo Cikarang, Bekasi, memulai tahun ajaran baru periode 2015, Selasa (5/5/2015). Sekolah tersebut berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH).

"Investasi di bidang pendidikan merupakan hal yang mendasar. Kami menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pendidikan untuk meningkatkan sumber daya di abad 21. Ini merupakan komitmen kami untuk turut meningkatkan pengembangan pendidikan di Indonesia," ujar pemilik Lippo Group, James Riady.

James mengklaim, Hikari dibangun setara dengan sistem pendidikan di Jepang. Sekolah tersebut mendidik dan membina mental, spiritual, serta karakter siswa dengan menyesuaikan kurikulum dan jadwal kalender pendidikan di Jepang.

Saat ini, Hikari Japanese School hanya membuka jenjang Taman Kanak-kanak dengan target murid mencapai 100 orang. Ke depannya sekolah tersebut akan berlanjut ke jenjang SD, SMP dan SMA.

Hikari dibangun untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan anak-anak dari keluarga Jepang di segitiga emas Kawasan Industri Lippo Cikarang. Seperti diketahui, kawasan tersebut diisi oleh ekspatriat asal Jepang yang jumlahnya sekitar 3.000 orang.

"Selama ini, para ekspatriat dari Jepang kesulitan mencari sekolah untuk anak-anaknya di Indonesia. Anak-anak ini akan diberi kurikulum berbahasa Jepang, dengan tambahan Bahasa Inggris," ujar James.

Adapun tenaga pengajarnya juga merupakan guru berkebangsaan Jepang. Sistem pendidikan Hikari menggunakan holistic education. Artinya, sekolah tersebut menjadi partner dengan pihak keluarga dalam memberikan proses belajar yang membentuk dan mengembangkan anak dengan seluruh potensinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com