Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Mengenal Korea dan Cari Beasiswa ke Negeri Ginseng Itu?

Kompas.com - 30/05/2015, 11:56 WIB
Latief

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Penetrasi budaya Korea semakin berkembang di masyarakat Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Tak hanya dari segi tren, fesyen, dan gaya hidup, namun juga di sektor pendidikan. Banyak perguruan tinggi di Korea Selatan yang menjadi incaran masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya, baik jenjang sarjana, magister, maupun doktor.

Terkait hal itu, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) membuka kesempatan untuk kerja magang maupun menyediakan beasiswa studi lanjut S-2 di beberapa universitas di Korea Selatan. Salah satunya adalah di Silla University, Busan, menyusul adanya kerjasama antara UMN dan Silla University. 

Wakil Rektor Bidang Hubungan dan Kerjasama UMN, Prof Muliawati G. Siswanto, dalam siaran pers, Sabtu (30/5/2015), mengatakan kerjasama tersebut meliputi pembentukan program non-akademis untuk menyiapkan keterampilan dan softskill mahasiswa, khususnya di bidang budaya dan olahraga. Upaya tersebut dilaksanakan melalui pembukaan Korea Center Silla UMN (KCSU), Jumat, (29/5/2015) kemarin di Kampus UMN, Serpong.

Peresmian KCSU di Lecture Hall UMN tersebut turut dihadiri jajaran rektorat UMN, Ketua Korea–Indonesia Friendship Association, Director dari Silla Korean Center, serta Atase Pendidikan Kedutaan Besar Korea. Acara tersebut menampilkan Nanta Show (oleh Korean Center Banten) serta permainan traditional flute Dae Geum (oleh Korean Cultural Center Indonesia). Sebagai bentuk persahabatan antara Korea dan Indonesia, para tamu Korea telah memberikan donasi yang ditujukkan kepada yayasan-yayasan sosial, antara lain Yayasan Buddha Tzu Chi dan Seong Kyong Deuk.

"KCSU ini dibentuk sebagai wadah yang akan memfasilitasi para mahasiswi UMN maupun publik yang ingin mengenal lebih jauh mengenai budaya Korea, termasuk berkesempatan untuk melanjutkan studi maupun bekerja di sana," ujar Muliawati. 

Beberapa hal yang bisa dilakukan di KCSU antara lain adalah belajar Bahasa Korea, belajar kebudayaan Korea, serta mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ke Korea Selatan. Baik mahasiswa UMN maupun masyarakat non-kampus bisa mengikuti kelas-kelas yang diselenggarakan dengan cara mendaftarkan diri ke KCSU.

"Unit Kegiatan Mahasiswa Qorie UMN yang berfokus kepada kebudayaan Korea akan bertanggung jawab untuk mengelola jalannya program-program yang berlangsung di KCSU ini," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com