Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Anies Minta Guru Lebih Melek Media

Kompas.com - 15/06/2015, 12:37 WIB


PADANG, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta para guru lebih melek informasi dan media massa agar bisa ditularkan kepada muridnya. Hal itu disampaikan Anies saat pencanangan Gerakan Nasional Remaja Melek Media yang diparakarsai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tidak ada pilihan hari ini kita banjir informasi, sebelum pelajar melek media, dimulai dari guru terlebih dahulu," kata Anies di Padang, Sumatera Barat, Senin (15/6/2015), di Auditorium Gubernur Sumbar seperti dikutip Antara.

Menurut dia, guru harus membekali diri dengan kemampuan menganalisis, memilih dan memilah sampai menciptakan informasi dan media.

"Jika guru tidak membaca, maka jangan harap siswa akan membaca, kalau guru tidak menulis, jangan harap siswanya akan menulis," ujar dia.

Menurut Anies, semua itu dimulai dari guru, orang tua dan pendidik. Oleh sebab itu, sekolah dianjurkan berlangganan koran dan majalah.

Ia mengatakan, jika di sekolah dipasang koran dinding, sementara guru tidak baca, sulit rasanya anak-anak akan membaca juga.

"Kalau perlu langganan majalah, bukan hanya nasional, tapi internasional sehingga pelajar bisa melihat perspektif internasional," kata dia.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno juga mengimbau seluruh sekolah di daerahnya berlangganan media massa minimal koran lokal dan nasional.

"Dengan demikian pelajar dapat membaca perkembangan terbaru melalui koran lokal dan nasional itu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com