Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus dan TNI Berikan Beasiswa S-1 untuk Prajurit TNI

Kompas.com - 19/06/2015, 11:33 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Bina Nusantara (Binus University) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) sepakat melakukan kerjasama dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan tinggi untuk anggota TNI. Program beasiswa tersebut akan diberikan oleh Binus melalui Program Pendidikan Jarak Jauh untuk jenjang S-1.

Penandatanganan nota kesepahaman kerjasama tersebut dilakukan Kamis (18/6/2015) antara Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko dan Ketua Yayasan Bina Nusantara, Ir. Bernard Gunawan, di Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Selain beasiswa dari Binus, dalam kerjasama tersebut TNI akan memberikan kontribusinya melalui penyelenggaraan program-program pelatihan untuk civitas akademika Binus.

Ketua Yayasan Bina Nusantara, Ir. Bernard Gunawan, mengatakan bahwa Binus melihat perkembangan dunia teknologi saat ini sangat mempengaruhi perubahan di berbagai sektor kehidupan masyarakat, termasuk sektor ketahanan nasional. Di sisi lain, ketahanan nasional merupakan modal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Sehingga seiring era keterbukaan sekarang ini harus terus ditingkatkan baik dalam pengembangan kompetensi di bidang teknologi informasi, manajemen maupun Sumber Daya Manusia itu sendiri, khususnya bagi TNI sebagai alat negara di bidang pertahanan," ujar Bernard. 

Dia menambahkan, bahwa adanya kesamaaan visi dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjalankan amanah UUD 1945, kedua pihak bisa bekerjasama untuk berperan aktif mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan berkualitas.

Seperti diberitakan, sejak diluncurkan pertama kali oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Boediono, pada 15 Oktober 2014 lalu di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Kuliah Dalam Jaringan (Daring) atau online resmi diselenggarakan oleh 6 universitas. Binus University merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta yang mendapatkan izin tersebut.

Didukung dengan SK No 146/E/O/2014 dari Dikti pada 10 Juni 2014 tentang izin Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), saat ini Binus University melalui Binus Online Learning yang berbasis di Jakarta telah memiliki tiga Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ) di Palembang, Semarang dan Malang. USBJJ tersebut segera beroperasi pada September 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com