Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta Seleksi Masuk PTN Tahun Ini Naik 4,31 Persen

Kompas.com - 01/07/2015, 13:21 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Ujian tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 yang telah diselenggarakan sejak 9 Juni 2015 lalu mengalami peningkatan peserta. Peserta SBMPTN 2015 meningkat hingga 4,31 persen dari pada tahun lalu.

Proses SBMPTN 2015 menjadi kesempatan kedua bagi para peserta yang tidak lolos saat mengikuti proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 lalu. Melalui SBMPTN 2015 para peserta bisa mendapatkan kesempatan kembali untuk mencoba masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) favoritnya.

Tahun ini peserta SBMPTN mengalami peningkatan 4.31 persen dari tahun lalu. Jumlah peserta tahun ini sebanyak 693.185 orang. Semua peserta yang mengikuti seleksi ini mendapat kesempatan untuk memperebutkan 99.223 kursi dari 74 PTN yang tersedia.

Selain itu, peserta Bidikmisi juga mengalami peningkatan menjadi 90.686 orang. Jika peserta lulus seleksi maka peserta beasiswa Bidikmisi akan diverifikasi ulang oleh PTN, seperti yang dikutip dari KOMPAS, Minggu (7/6/2015).

Pada ujian tertulis tahun ini setiap peserta akan mengikuti dua macam ujian yang disesuaikan dengan Program Studi (Prodi) pilihan para peserta. Materi ujian tertulisnya antara lain Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang wajib diikuti oleh seluruh peserta SBMPTN. Selain itu, ada Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) atau Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) yang disesuaikan dengan pilihan prodinya.

Selanjutnya, hasil dari hasil ujian tertulis SBMPTN 2015 akan diumumkan pada 9 Juli 2015 mendatang. Ikuti terus perkembangan mengenai informasinya dan pengumuman hasil seleksi di Liputan Khusus SBMPTN 2015 KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com