Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan Guru Tak Memadai

Kompas.com - 01/08/2015, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS — Cakupan pelatihan bagi guru yang bertujuan meningkatkan mutu tenaga pendidik belum memadai. Selain itu, sejumlah program pelatihan juga dinilai belum tepat sasaran.

"Pemerintah belum sistematis dalam mengupayakan peningkatan kompetensi guru. Jumlah pelatihan yang digelar tidak sebanding dengan jumlah guru yang ada," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo saat dihubungi di Jakarta, Jumat (31/7).

Menurut dia, banyak permintaan dari guru di sejumlah daerah agar pemerintah mengadakan pelatihan yang terarah dan berkesinambungan. Perkembangan zaman menuntut guru terus memperbarui ilmu dan mampu menguasai teknologi.

"Setiap tahun, hanya sekitar 500 guru di kabupaten atau kota yang punya kesempatan mengikuti pelatihan. Padahal, jumlah guru dalam satu kabupaten atau kota bisa mencapai 10.000 guru," katanya, menggambarkan kondisi di lapangan. Ia menilai, pelatihan selama ini belum sesuai dengan kebutuhan guru. Selain itu, pelaksanaan program pelatihan juga lebih sering berbasis proyek tanpa evaluasi yang jelas.

Anggaran dinaikkan

Sulistiyo berpendapat, pemerintah perlu memetakan kompetensi guru melalui tes yang komprehensif. Uji kompetensi harus menilai aspek profesional, pedagogik, individual, dan sosial. Selanjutnya, guru dapat diklasifikasikan berdasarkan kompetensi sehingga program pelatihan sesuai dengan kebutuhan.

Menanggapi hal itu, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata mengatakan sudah mulai membuat program pelatihan terkonsep.

"Tes kompetensi untuk semua guru akan selesai akhir tahun ini. Lalu, kami akan membuat 10 kelompok berdasarkan skor. Awal 2016, kami akan memberikan modul dan pelatihan sesuai kebutuhan," ujar Sumarna. Pihaknya menyiapkan 190 modul berdasarkan kelompok mata pelajaran dan keahlian.

Menurut Sumarna, ada 700.000-800.000 guru yang mendapat pelatihan setiap tahun. "Tahun depan, kami ingin semua guru mendapat pelatihan. Anggaran pelatihan juga akan dinaikkan mencapai 2-3 kali lipat dari sebelumnya," katanya. (B08)

_______________________

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 1 Agustus 2015, di halaman 11 dengan judul "Pelatihan Guru Tak Memadai".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com