Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Mahasiswa Indonesia Jadi Finalis Kontes Animasi di Taiwan

Kompas.com - 06/08/2015, 12:06 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga mahasiswa program studi Teknologi Informatika Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional lolos sebagai finalis kompetisi animasi 'Asiagraph Reallusion Award 2015'. Menggunakan nama tim "Punakawan", ketiga mahasiswa tersebut mengikuti final ’48 HR Live Contest’ di Yuan Ze University, Taiwan 25-27 Agustus 2015 mendatang.
 
Mereka adalah Faris Asjaka, Muhammad Rojali dan Bagus Imam Prakoso. Para mahasiswa program studi Teknik Informatika FTKI Unas itu kontes animasi melalui karyanya berjudul On/Off dan menyisihkan kontestan lain dari Indonesia. Di final nanti mereka akan menghadapi kontestan dari Malaysia, Thailand, serta tuan rumah, Taiwan.

"Permasalahan utama yang akan dihadapi adalah waktu, karena kami hanya diberi waktu 48 jam nonstop untuk membuat animasi. Jadi, kita persiapkan pembagian tugas untuk masing-masing anggota tim," ujar Faris Asjaka, Selasa, (4/8/2015).

Faris mengatakan, On/Off dikerjakan dalam waktu satu minggu. Karya animasi itu terinspirasi dari tokoh-tokoh tradisional pewayangan. 

Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika, Dr Ucuk Darusalam, mengatakan bahwa orisinalitas merupakan bagian terpenting dari karya para mahasiswanya itu. Selain itu, riset yang kuat juga sangat mendukung dengan cara menelusuri perkembangan teknologi.

"Tak perlu takut dengan negara lain, tapi juga jangan juga over confident. Yang paling penting itu semangatnya. Ikut lomba bukan sebagai one man show, tapi sebagai tim yang bisa berbagi tugas," kata Ucuk.

Hal lain tak kalah penting dalam membuat animasi, lanjut Ucuk, adalah kreativitas. Menurutnya, membuat animasi tidak terlalu membutuhkan dana mahal, tapi low cost. Kemampuan berkreasi itulah yang dibutuhkan para animator muda saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com