Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuka Wawasan Pelajar Indonesia tentang ASEAN

Kompas.com - 17/08/2015, 22:10 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekelompok mahasiswa Asia Pacific University Ritsumeikan (APU), Jepang, menggelar ASEAN Community 2015 di Jakarta, Sabtu (16/8/2015). Acara tersebut bertujuan untuk membantu menambah wawasan pelajar Indonesia terkait perkembangan ekonomi, politik, dan sosial budaya di kawasan Asia Tenggara, dan telah menjadi ide dasar bagi sekelompok mahasiswa APU membangun interaksi dengan para pelajar Indonesia melalui "Connext ASEAN".

“Acara ini dibentuk sejak 2014 lalu bersama dengan para mahasiswa Indonesia dan dari negara ASEAN lainnya di APU. Saat ini anggotanya 22 orang. Dengan akan terwujudnya masyarakat ekonomi ASEAN tentu menjadi tantangan untuk kita bersama agar bisa mengedukasi para teman-teman di Indonesia untuk peduli terhadap ASEAN serta menambah wawasan internasionalnya," ujar Team Leader Connext Asean, Anindya Pradibta, kepada KOMPAS.com di Gedung Astra International, Jakarta.

Anindya mengakui bahwa tantangan terbesar saat ini adalah mengedukasi para pelajar di Indonesia untuk peduli terhadap dunia luar, khususnya dalam lingkup ASEAN. Karena itulah, Connext Asean dengan program yang dikhususkan untuk para pelajar, merancang program 'Inspirasi 2015'.

Inspirasi 2015 merupakan salah satu program acara untuk para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat se-Jabodetabek. Tujuannya untuk mengedukasi para pelajar SMA terhadap wawasan internasional dan ASEAN dari para narasumber inspiratif dan membuka ruang diskusi antarsesama mereka.

"Acara ini juga mengundang anak muda Indonesia yang cukup menginspirasi dengan berbagai aktivitas yang mereka jalani untuk mengenalkan Indonesia secara luas. Dengan adanya acara ini para pelajar diharapkan bisa terinspirasi dan lebih peduli lagi terhadap wawasan internasionalnya," ujar Anindya.

Narasumber di acara tersebut antara lain Chelsea Islan dan Dhia Fairus. Chelsea dinilai menginspirasi lewat berbagai karya film yang pernah diperankannya, sementara Dhia adalah seorang sarjana muda yang saat ini bekerja di Kedutaan Besar RI di Belgia.

Selain itu, ada juga Khairen, mahasiswa UI yang cukup menginspirasi para pelajar dengan beberapa karya tulisnya. Sementara itu, Ayu Uswatun Hashanah, juga masuk dalam daftar narasumber berkat aktifitasnya di organisasi internasional AIESEC. 

Malik Afrian/KOMPAS.com Astra sebagai perusahaan multinasional yang mendukung acara Connext Asean yang memberikan inspirasi bagi para pelajar Indonesia.
Hal lain yang menarik adalah diskusi kelompok dengan pembahasan studi kasus koneksi terhadap ASEAN. Setiap kelompok diskusi diarahkan untuk mengeluarkan ide menarik mereka untuk memperkenalkan Indonesia ke negara ASEAN lainnya. Di acara tersebut para siswa diberikan kesempatan berkolaborasi dengan para mahasiswa APU dari berbagai negara ASEAN.

"Acara ini sangat baik untuk melatih setiap siswa berbahasa asing. Saya juga memetik banyak pelajaran ketika harus berdiskusi dengan orang baru dan belum dikenal. Tentu ini tantangan bagi saya ketika harus berkomunikasi dan mengeluarkan ide membuat konsep acara di ruang lingkup ASEAN," ujar Komang, siswa SMA Negeri 78 Jakarta, yangmenjadi peserta Inspirasi 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com