Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Tawaran Beasiswa, Kesempatan Kuliah ke AS Makin Terbuka

Kompas.com - 06/10/2015, 15:10 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Amerika Serikat masih menjadi salah satu tujuan utama para pelajar internasional, termasuk para pelajar Indonesia, yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, baik untuk gelar sarjana (S-1) atau master. Tahun ini, melalui International Student Network (ISN), kesempatan meraih pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut terbuka lebar.

ISN, yang berlokasi di Philadelphia, Amerika Serikat, akan menggelar American Education & Scholarship Event Fall 2015, Senin (19/10/2015) mendatang di Hotel Borobudur, Jakarta.
Selama lebih dari 15 tahun, ISN bekerja dengan berbagai universitas di Amerika Serikat untuk membantu para pelajar internasional dari berbagai negara di Asia, India, Latin Amerika, Mediterania dan Gulf untuk kuliah di AS.

Hal menariknya, pada pameran tersebut ada tawaran beasiswa total dengan total lebih dari 130,000 dollar AS. Beberapa perguruan tinggi yang akan hadir pada acara itu akan memberikan kesempatan pelajar Indonesia meraih beasiswa mulai 2,000 dollar AS sampai lebih dari 46,000 dollar AS.

Tahun ini, perguruan tinggi yang akan hadir di pameran tersebut antara lain Tennessee Tech University, Illinois State University, Portsmouth Christian Academy, University of Michigan, Dearborn, University of Delaware, Translyvania University, dan lain-lainnya. Pada pameran tersebut, ISN menghadirkan para perwakilan berbagai universitas yang langsung datang dari AS.

"Sehingga para pelajar bisa langsung berkonsultasi tentang program pendidikan dan beasiswa yang ditawarkan oleh berbagai universitas yang hadir. Selain itu, di sini juga akan ada presentasi tentang study visa," ujar Agusmia Putri Haerani, ISN Representative in Jakarta, kepada Kompas.com, Selasa (9/10/2015).

Berdasarkan data Departemen Luar Negeri dan Departemen Pendidikan AS pada 2014 lalu, jumlah pelajar Indonesia di AS mencapai 7,921 atau lebih tinggi dibandingkan pada 2013 yang jumlahnya sebanyak 7,670 pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com