Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Negeri van Oranje", Siapa Bilang Kuliah di Belanda Itu Gampang?

Kompas.com - 26/10/2015, 06:31 WIB
Muhamad Malik Afrian

Penulis

KOMPAS.com - Siapa bilang kuliah di Belanda itu gampang? Adanya perbedaan budaya dan sistem pembelajaran yang berbeda tentu menjadi tantangan tersendiri ketika menyelesaikan pendidikan di Negeri van Oranje.

Selain itu, keindahan arsitektur kota negeri kincir angin hingga beragam pilihan studi berkualitas di Belanda menjadi daya tarik utama. Tercatat hingga saat ini pemerintahan Belanda menyediakan beasiswa setiap tahunnya sebanyak 300 beasiswa untuk mahasiswa di Indonesia.

Dengan begitu Anda tak perlu bingung jika tertarik melanjutkan studi di sana. Cukup mencari informasi beasiswa dan kampus tujuan, lalu lengkapi persyaratan dengan nilai IELTS dan TOEFL tinggi. Jika terpilih maka Anda bisa melanjutkan studi strata dua di negeri yang terkenal dengan menu makanan kejunya.

Seperti keempat para alumni, yaitu Raden Wahyuningrat, Annisa Tyas Purwanti dan Adebt Widiarsa merupakan penerima beasiswa Studeren in Netherlands (StuNed) tahun 2006. Lalu, Rizki Pandu Permana mendapatkan beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) tahun 2003.

Dengan keseriusan dan ketekunan maka siapa saja bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih beasiswa ke Belanda. Salah satunya dapat mencari informasi beasiswa melalui lembaga di Indonesia, seperti Neso Indonesia. Neso Indonesia merupakan lembaga non profit yang mengurus beasiswa StuNed dan proses seleksi beasiswa NFP. 

Bercerita melalui novel

Lalu, keempat alumni tersebut menuliskan pengalaman pribadinya selama studi di Belanda ke sebuah novel kolaborasi mereka berjudul Negeri van Oranje (NVO). Novel NVO yang terbit pada tahun 2009 lalu, telah memberikan motivasi dan inspirasi bagi setiap mahasiswa Indonesia yang tertarik melanjutkan studi ke Belanda.

“Tentu saja pengalaman pribadi kami selama studi di Belanda tidak bisa terlepas dari novel ini. Pengalaman teman-teman kami di masa studi pun banyak yang menginspirasi cerita ini,” ucap Wahyuningrat.   

Melalui 477 halaman, penulis menampilkan lima tokoh utama yang akan mengajak pembaca mengelilingi Belanda sambil membawa keseruan saat kuliah di sana. Mulai dari cerita persahabat hingga kisah cinta. Kelima tokoh tersebut yaitu, Lintang, Banjar, Wicak, Daus, dan Geri.

Falcon Pictures Negeri Van Oranje
Bercerita melalui film

Bahkan keseruan cerita kelima tokoh dalam novel NVO akan secara nyata hadir dalam karya film layar lebar. Film yang memiliki judul sama seperti novelnya akan memberikan inspirasi dan nostalgia bagi para alumni yang pernah merasakan hidup dan belajar di Belanda.

Film ini akan diperankan oleh aktor dan aktris tanah air, seperti Arifin Putra berperan sebagai Banjar, Chicco Jerikho sebagai Geri, Abimana memainkan tokoh Wicak, Tatjana Saphira sebagai Lintang serta Ge Pamungkas sebagai Daus.

Film yang mengambil sembilan lokasi shooting di negara Belanda dan satu di Republik Ceko merupakan adaptasi novel kisah nyata dari perjalanan keempat alumni yang sekaligus penulisnya.

"Kalau dari novel kan kisahnya banyak dan lengkap banget sampai menerangkan gimana sih kuliah di Belanda dan itu juga pengalaman pribadi para penulis. Untuk film ini, ceritanya akan difokuskan ke tema besar. Jadi, kami fokus kepada lima karakter utama untuk membangun cerita," kata Sutradara film NVO, Endri Pelita seperti dikutip dari KOMPAS.com, Jumat (23/8/2015).

Kisah film yang mengangkat kehidupan mahasiswa Indonesia di Belanda ini memfokuskan pada dua tema utama, yaitu persahabat dan cinta. Karena film ini memang tentang persahabatan jadi akan ada beberapa kisah perjuangan mahasiswa rantau begadang demi paper, kecapean saat bersepeda ke kampus hingga harus kerja paruh waktu.

Nah, menarikan? Pada ‘Dutch Placement Day 2015’ yang digelar di dua kota, yaitu di Bandung pada Selasa, 27 Oktober 2015 dan di Jakarta pada Kamis, 29 Oktober 2015 turut hadir para pemain film 'Negeri van Oranje'. Selain itu, kalian yang hadir bisa mengikuti acara meet and greet para pemain filmnya. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi situs. http://www.nesoindonesia.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com