Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Segan Datang ke Pameran Beasiswa!

Kompas.com - 18/01/2016, 11:13 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com - Banyak pelajar memimpikan bisa meraih beasiswa untuk menempuh pendidikan lebih tinggi. Selain itu, jika beruntung mendapat pembiayaan ke luar negeri, mereka bisa mencicipi serunya menjadi siswa internasional.

Salah satu cara berhasil terpilih menjadi penerima beasiswa adalah tidak sungkan datang ke pameran beasiswa. Pada acara seperti itu, Anda akan menerima pengetahuan mendalam tentang beasiswa dan bisa konsultasi langsung pada lembaga pemberi beasiswa serta universitas.

"Di situlah saya bisa update tentang beasiswa terbaru dan dengar banyak tips agar lolos seleksinya. Banyak hal sebelumnya saya tidak tahu sama sekali, seperti cara membuat motivation letter  yang berbeda dan aplikasi beragam beasiswa," kata Eunike Widya, salah satu peserta "Holland Scholarship Day", Sabtu (16/1/2016), di Erasmus Huis, Kedutaan Besar Belanda, Jakarta.

Holland Scholarship Day 2016 dihadiri 800 peminat program pendidikan di Belanda, yang terdiri dari program S-2, pendidikan jangka pendek (short course), dan pelatihan. Secara khusus, acara itu menjelaskan mengenai beasiswa Studeren in Nederland (StuNed) yang merupakan program kerja sama Belanda dan Indonesia.

"Setelah mendapatkan banyak informasi dari sini, saya jadi lebih tahu dan mudah untuk menentukan langkah selanjutnya. Saya sendiri berminat untuk menempuh short course ke Belanda yang berhubungan dengan bidang pekerjaan," kata Eunike.

Lain lagi manfaat pameran beasiswa bagi Ubay M. Noor, peserta lain Holland Scholarship Day. Menurutnya, acara pendidikan seperti ini memberikan motivasi tersendiri karena dapat mendengar banyak pegalaman alumni yang sebelumnya telah menempuh pengajaran di Negeri van Oranje tersebut.

"Wawasan saya lebih terbuka tentang bermacam-macam program beasiswa ke Belanda. Saya juga lebih percaya diri, sebab ada program beasiswa yang hanya ditujukan untuk Indonesia sehingga saingannya pun hanya dari dalam negeri saja," tutur Ubay.

Dok Nuffic Neso Indonesia Selain pameran dan pertemuan dengan wakil institusi pendidikan Belanda, panitia DPD 2015 juga menggelar berbagai presentasi program beasiswa, misalnya beasiswa Studeren in Nederland (StuNed), seminar menulis surat motivasi, ujicoba tes IELT's dan kursus Bahasa Belanda.
Menggali potensi

Holland Scholarship Day sendiri merupakan acara yang diselenggarakan sebagai ajang menggali potensi siswa Indonesia. Tersedia beragam pembiayaan bagi calon pelamar yang berminat belajar ke Belanda.

Pada kesempatan ini peserta diberikan kesempatan berdiskusi langsung dengan 14 perwakilan universitas dan alumni. Beberapa di antara wakil universitas Belanda yang hadir adalah University of Groningen, Radboud University, Leiden University, dan banyak lagi.

Selain StuNed, ada juga presentasi program beasiswa lainnya, seperti Netherlands Fellowship Programme dan Orange Tulip Scholarship. Pemerintah Belanda juga bekerja sama dengan pemerintah Indonesia melalui program beasiswa, seperti LPDP, Kominfo, DIKTI, SPIRIT – Bappenas, Beasiswa Unggulan Kemendikbud, dan lainnya.

Bagi pelajar Indonesia yang berminat, pendaftaran beasiswa StuNed program Master masih bisa dilakukan sampai 1 April 2016, sementara untuk program Short Course hingga 1 Oktober 2016. Selain itu, Anda pun memiliki kesempatan mendapatkan beasiswa Netherlands Fellowship Programme (NFP) dan program Orange Tulip Scholarship (OTS) yang telah dibuka pendaftarannya sejak Desember 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com