Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Karya Andra, Talenta Andra

Kompas.com - 09/02/2016, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Goresan warna hitam di kanvas itu berkisah tentang hiruk-pikuk pada sebuah jalan raya di Ibu Kota. Berbagai jenis kendaraan berseliweran dua arah.

Di jalan itu, tergambar dua jembatan layang. Kondisi kedua jalan layang itu sama ramainya dengan jalan arteri di bawahnya.

Belum lagi, sepeda motor yang berlalu-lalang di jalan itu. Terkesan, kondisi jalan-jalan itu begitu semrawut.

Sementara, pada kanvas yang satu lagi, ada sosok tokoh film Transformers, Optimus Prime. Sosok dari besi pada sekujur tubuhnya itu terlihat gagah, sekaligus menarik perhatian.

Tak asing lagi, lukisan itu memang karya Andra. Nama lengkapnya, Nadhifandra Naladira.

Josephus Primus Nama lengkapnya Nadhifandra Naladira, biasa disapa Andra. Hingga kini, Andra yang memunyai talenta di bidang melukis masih tercatat sebagai murid di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kasih Bunda di Jalan Randu II Nomor 50 RT 001/RW 010, Jatiraden, Jatisampurna, Kota Bekasi.

Andra yang lahir pada 27 Agustus 1998 itu sejak 2014 menjadi salah seorang murid di Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kasih Bunda di Jalan Randu II Nomor 50 RT 001/RW 010, Jatiraden, Jatisampurna, Kota Bekasi. Andra adalah penyandang autisme. Kata Sang Ibu, Meidy Fatmilianti, Andra sejak kecil sudah menunjukkan bakat di bidang seni lukis.

Andra punya kebiasaan menaruh perhatian pada lingkungan sekelilingnya. Pemandangan yang ditangkapnya itu diwujudkannya dalam bentuk lukisan. Kemampuannya membuat lukisan tersebut adalah talenta yang terus-menerus dikembangkan.

Andra, pernah diundang oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono untuk memamerkan karya seninya itu di Istana Negara pada 2014 lalu. Karya-karya Andra terbilang menarik perhatian istri orang nomor satu di Indonesia kala itu. (Baca: ABK Harus Mandiri Bukan Menjadi Beban)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com