Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Foto Instagram Berhadiah "Summer School" di Belanda

Kompas.com - 11/03/2016, 19:30 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Virna Maulina dan Anastasia Angesti Nurintiati keluar sebagai pemenang kontes foto Instagram 'Negeri van Oranje' yang diumumkan Jumat (11/3/2016) siang tadi di Kantor Nuffic Neso Indonesia. Keduanya berhak mengikuti sekolah musim panas (summer school) di Belanda yang didanai oleh Air France-KLM, Universitas Utrecht dan VU University Amsterdam.

Sebagai hadiah kontes tersebut Virna akan berangkat ke Utrecht untuk mengikuti kursus di Utrecht Summer School selama empat minggu. Sementara itu, Anastasia akan berangkat untuk tujuan serupa selama dua minggu ke Amsterdam.

Lewat fotonya, Virna membuat foto yang menyimbolkan Belanda sebagai air segar yang dituangkan ke dalam gelas kosong. Keterangan foto itu pun menjelaskan betapa pentingnya Belanda sebagai tempat menimba ilmu. 

Sementara sebagai pemenang kedua, Anastasia membuat foto seolah dirinya sedang berada di lingkungan akademik di Belanda. Caption foto miliknya itu menjelaskan keinginannya bisa belajar di Belanda bukan hanya karena lingkungan multikultural, tetapi juga karena ilmu hukum yang ingin dipelajarinya ada di Belanda.

"Saya benar-benar senang, karena melalui kontes ini kami dapat mendukung lebih banyak orang Indonesia untuk belajar di Belanda dan mengenyam pendidikan tinggi dengan lingkungan belajar yang penuh inspirasi," ujar Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia.

Dok Nuffic Neso Indonesia Virna membuat foto yang menyimbolkan Belanda sebagai air segar yang dituangkan ke dalam gelas kosong. Keterangan foto itu pun menjelaskan betapa pentingnya Belanda sebagai tempat menimba ilmu.
Mervin mengatakan, peluncuran film 'Negeri van Oranje' memang menginspirasi Nuffic Neso Indonesia untuk menggelar lomba foto Instagram dengan tema dari judul film tersebut.
Kisah dalam film itu sendiri dibuat berdasarkan buku yang ditulis oleh alumni Indonesia dari Universitas Utrecht, Belanda. Film tersebut menggambarkan persahabatan antara lima orang (pelajar) Indonesia selama mereka menimba ilmu di Belanda.

"Film ini memberi gambaran langsung tentang bagaimana dinamika belajar di luar negeri itu dapat memberi manfaat bagi pengembangan pribadi, akademik dan profesional para pelajar," kata Mervin.

Sebelumnya, untuk mengikuti kontes foto Negeri van Oranje' itu para peserta diminta mengunggah foto kreatifnya di Instagram. Mereka juga harus menuliskan caption (keterangan) pada foto hasil bidikannya tentang alasan mereka ingin belajar di Belanda. Total ada 556 foto dari 393 akun Instagram yang ikut dalam kontes ini.

"Kami fokuskan pada kreativitas foto dan keterangan tertulis yang harus terlihat segar, ide yang orisinil, dan tentu saja mencerminkan motivasi mereka untuk belajar di Belanda seperti semangat  yang tercermin dari para penulis buku dan aktor di film Negeri van Oranje," ujar Inty Dienasari, Tim Koordinator Promosi Pendidikan di Nuffic Neso Indonesia yang juga menjadi juri kontes ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com