Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen "Gadget" Mulai Rekrut Siswa SMK

Kompas.com - 05/04/2016, 15:55 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen gadget Axioo tengah mencari siswa unggul dan lulusan sekolah kejuruan untuk mengikuti pendidikan. Para siswa itu nantinya akan diseleksi untuk bergabung menjadi karyawan.

Direktur Axioo Class Program, Timmy Theopelus, Selasa (5/4/2016), mengatakan hingga akhir tahun ini pihaknya menargetkan bisa merekrut hingga seribu siswa SMK yang akan ditempatkan sebagai Axioo Product Specialist. Perekrutan melalui Axioo Development Program merupakan kelanjutan dari program Axioo Class Program.

"Mendapatkan SDM yang sesuai standar industri sekarang ini semakin sulit. Ini terbukti dengan banyaknya pelaku industri TI yang memasang iklan lowongan kerja di berbagai media. Untuk itu, kami menyiapkan SDM yang siap kerja dan mampu bersaing dengan SDM Asia Tenggara di era Masyarakat Ekonomi Asean sekarang ini," ujar Timmy.

Timmy menjelaskan, industri teknologi dan informasi (TI) makin dihadapkan pada kondisi kritis sumber daya manusia (SDM). Di sisi lain, dunia vokasi, yaitu SMK dan politeknik, menjadi salah satu penyumbang pengangguran tertinggi di Indonesia.

Hal itu seperti data Biro Pusat Statistik tahun 2015 lalu yang menyatakan Indonesia memiliki kurang lebih 7,2 juta pengangguran terbuka. Peringkat pertama dari jumlah itu diduduki oleh lulusan SMK.

"Untuk itu, kami bekerjasama dengan sekolah-sekolah, terutama SMK, melakukan sinkronisasi kurikulum dan pelatihan agar kebutuhan SDM kami dapat terpenuhi oleh lulusan sekolah di Indonesia," kata Timmy.

Adapun pendaftaran dilakukan secara online melalui SMK binaan Axioo yang terdaftar di Axioo Class Program. Peserta yang lulus seleksi online kemudian diundang mengikuti psikotes. Hasil psikotes akan menentukan siswa dapat mengikuti tahap wawancara atau tidak.

Timmy memaparkan, dari tahap awal perekrutan yang dilakukan di wilayah Kuningan, Rembang, dan Klaten terkumpul sebanyak 500 siswa. Dari jumlah tersebut tersaring sekitar 80 siswa untuk mengikuti pelatihan.

Dimulai sejak Senin (4/4/2016), pelatihan pertama dilaksanakan di sekolah binaan Axioo Class Program di SMK PKP2 Jakarta Islamic School. Jumlah sekolah yang telah bergabung saat ini mencapai 170 sekolah dari seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com