Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Bikin Beda di SBMPTN 2016

Kompas.com - 14/04/2016, 14:41 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

KOMPAS.com – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016. Pada tahun ini, seleksi akan mulai menguji coba computer based testing (CBT), selain paper based testing (PBT) seperti tahun-tahun sebelumnya.

CBT adalah ujian yang diselenggarakan menggunakan alat bantu komputer. Peserta ujian tak lagi berkutat dengan kertas lembar jawab, tetapi semua dikerjakan di komputer. Mereka membaca soal di layar komputer dan mengisi jawabannya di sana pula.

Soal akan muncul satu per satu secara berurutan sesuai nomor soal, untuk memudahkan peserta untuk menjawabnya. Jika di tengah jalan ingin mengubah jawaban, para peserta tinggal mencari kembali nomor soal yang dimaksud dan mengisikan jawaban yang baru.

Waktu ujian yang tersisa akan muncul pula di layar komputer. Tenang saja, durasi pengerjaan ujian CBT dan PBT tetap sama. Bedanya, isian jawaban peserta ujian akan otomatis diperiksa setelah para peserta selesai mengerjakan soal.

Meski demikian, hasil ujian tak akan terlihat real time. Peserta CBT tetap harus bersabar menunggu pengumuman hasil SBMPTN. Pengumuman itu serentak dilakukan, bersamaan dengan hasil PBT, pada 28 Juni 2016 pukul 17.00 WIB.

Seperti dikutip dari situs web Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), periode pendaftaran dan pelaksanaan ujian PBT dan CBT akan berbeda. Pendaftaran PBT dibuka pada 25 April 2016 hingga 20 Mei 2016, sementara pendaftaran PBT berlangsung pada 29 April 2016 sampai 9 Mei 2016.

Adapun waktu ujian, CBT dilaksanakan selama tiga hari, yaitu pada 28-30 Mei 2016, sementara PBT digelar sehari pada 31 Mei 2016. Untuk jurusan kuliah yang membutuhkan ujian keterampilan, tes akan dilakukan dua hari pada 1-2 Juni 2016.

Soal infrastrukur pendukung CBT pada SBMPTN 2016, panitia akan menggunakan fasilitas yang ada di perguruan tinggi negeri. Setidaknya sudah ada 16 perguruan tinggi negeri menyatakan siap menggelar CBT.

Tata cara pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan bisa Anda unduh mulai 18 April 2016 melalui laman: http://download.sbmptn.ac.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com