Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajarlah... Jangan Main-main dengan Bayi Anda!

Kompas.com - 29/04/2016, 14:11 WIB

KOMPAS.com - Buku adalah jendela menuju pintu pengetahuan, termasuk urusan tumbuh kembang bayi. Ibu butuh asupan pengetahuan mendalam soal bayi kesayangannya.

Ya, siapa pun yang telah memiliki bayi pasti berkeinginan agar anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Tentu saja, memahami tumbuh kembang bayi sehat tidak datang begitu saja. Perlu peran serta sang ibu dalam mengatur pola makan dan asupan yang benar.

Untuk mencapai sasaran yang tepat, sang ibu tentu perlu belajar dan mencari tahu pola makan sehat untuk bayinya ini. Salah satunya lewat buku 365 Hari MP-ASI Plus: Makanan Pendamping ASI untuk Anak Usia 6-18 Bulan yang ditulis Lies Setyarini dan Diana Damayanti.

Buku ini hadir untuk membekali kaum ibu dalam membesarkan sang bayi melalui makanan pendamping air susu ibu (ASI). Buku juga menguraikan secara praktis apa dan bagaimana memberikan makanan pendamping ASI yang benar. Berikut langkah-langkahnya:

Petunjuk pola makan bayi usia 6-18 bulan

Buku ini menguraikan kegiatan dari hari lepas hari selama 365 hari dalam membuat perencanaan makanan pendamping ASI untuk bayi berusia 6-18 bulan. Sejak hari pertama hingga hari ke-365 buku ini secara padat memberikan panduan praktis mengolah makanan sehat untuk sang bayi.

Pada bagian ini penulis menyajikan pengetahuan mulai pengenalan berbagai resep makanan, bahan yang harus disediakan, jumlah gram sesuai anjuran, serta yang dianjurkan, cara membuat bahan makanan tersebut hingga siap saji. Bahkan, ada juga petunjuk tentang cara memberi makanannya kepada bayi, dan bukan sembarang menyuap.

Sebutlah misalnya untuk bayi usia antara 6-7 bulan. Bayi di usia ini sebaiknya diberi makanan ekstra lembut, misalnya bubur susu. Kemudian pada usia 7-9 bulan bayi bisa diberi makanan agak sedikit kasar. Artinya, makanan untuk si bayi tak perlu disaring lagi.

Sementara itu, pada usia 9-12 bulan bayi diberikan makanan lebih kasar lagi, misalnya nasi tim lembek. Selanjutnya, pada halaman 14-15 secara jelas diberikan panduan atau petunjuk jenis makanan, dan usia bayi. Jadi, makanan yang diberikan akan sesuai usia bayi.

Pada buku ini juga dipaparkan berbagai pilihan makanan pendamping ASI di antaranya, bubur susu, hati ayam, havermut, alpukat, wortel, pisang ambon, serelia, beras merah, brokoli, bayam, apel,labu kuning, kentang, ikan laut.

Pun, mengenai pilihan sayur dan buah juga disarankan untuk pilih yang berwarna merah, kuning, oranye, kuning, hijau, hijau, biru atau ungu, dan putih. Buah dan sayur berwarna tersebut masing-masing memiliki khasiat berbeda yang berguna untuk tubuh.

Seluruh makanan pilihan tersebut dijelaskan manfaat dan kandungan gizinya. Sang bayi pasti menyukainya.

Selain itu, susu olahan seperti yogurt dan keju juga bermanfaat sebagai sumber kalsium. Namun, usahakan jangan memberi gula atau pemanis yang tidak diperlukan kepada bayi.
Dari semua menu utama yang diberikan kepada bayi, juga diberikan menu selingan pagi dan sore, di antaranya ASI/PASI, sari alpukat, jeruk, sup buah, sari apel, dan lainnya.

Pertanyaanya, apa itu PASI? Ini adalah singkatan dari pengganti ASI. PASI diberikan apabila sang ibu berhalangan atau sakit sehingga tidak dapat memberikan ASI. PASI merupakan formula susu sapi yang kandungan zat gizi sudah diubah sehingga sesuai kebutuhan bayi.

Ibu belajar, bayi pun belajar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com