Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... "Buku Sakti" yang Bikin Anak-anak Banyak Bergerak!

Kompas.com - 29/04/2016, 20:54 WIB

KOMPAS.com - Bermain adalah aktivitas yang digemari semua orang. Mulai anak-anak sampai usia dewasa suka bermain. Bermain membuat manusia bisa menghibur diri dan menghilangkan stres.

Terlebih bagi anak-anak, bermain adalah aktivitas paling digemari. Namun, permainan apakah yang cocok untuk anak-anak?

Di era teknologi seperti saat ini, anak-anak menggemari permainan modern seperti video game, mobile game, dan internet. Namun, permainan modern tidak selalu berdampak baik bagi anak-anak.

Sebutlah dari segi jasmani, misalnya. Tubuh anak-anak yang sering bermain video game lebih cenderung lemah dan mudah terserang penyakit. Hal ini karena mereka sering hanya duduk di depan layar atau bermain sambil tiduran. Tubuh jadi pasif dan jarang digerakkan.

Tak hanya itu. Berlama-lama mematut diri di depan layar juga dapat dengan mudah merusak penglihatan mereka. Untuk itu, orangtua juga perlu memperhatikan jenis permainan yang dikonsumsi anak-anak.

Memang, ada banyak jenis game yang mengandung kekerasan bisa didapatkan dengan mudah oleh anak-anak. Beragam game tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi kondisi psikis mereka. Ada banyak kasus menyebutkan, anak yang memainkan permainan bertema kekerasan membuat menjadi lebih kasar dan suka dengan kekerasan.

Sebenarnya, orangtua tak perlu melarang anak bermain game. Anak hanya butuh dipandu. Selain itu, dan ini lebih penting, orang tua harus mencarikan permainan yang sesuai dengan usia anak mereka. Para orangtua juga bisa mengarahkan anaknya untuk bermain selain video game, misalnya permainan tradisional

Manfaat Permainan Tradisional

Ada begitu banyak permainan tradisional di Indonesia. Di tiap daerah dan budaya, permainan ini tumbuh dan berkembang.

Dalam buku 'Ensiklopedia Negeriku: Permainan Tradisional', dijelaskan berbagai macam jenis permainan tradisional. Dari segi jumlah pemain, ada yang bisa dimainkan dua orang, seperti main biji karet dan umbul.

Ada yang bisa dimainkan beberapa orang, seperti petak umpet, galasin,dan gajah talena. Ada jenis permainan yang membutuhkan alat, seperti egrang, sentrik dan pletokan bambu. Ada pula yang dimainkan dengan nyanyian, seperti cublak-cublak suweng dan parepet jengkol.

Semua permainan tradisional itu memiliki beragam manfaat. Yang pertama, anak lebih sehat karena cenderung banyak bergerak.

Ya, permainan tradisional memang mengharuskan anak untuk bergerak. Kita ambil contoh galasin atau gobak sodor.

Permainan asal Pulau Jawa ini dimainkan secara berkelompok di tanah lapang. Tiap kelompok punya wilayah yang harus dijaga. Masing-masing kelompok harus menerobos pertahanan lawan dan kembali ke wilayahnya sendiri. Bila disentuh oleh lawan mainnya, otomatis pemain akan gugur.

Nah, dalam permainan tersebut, anak-anak akan saling berkejaran untuk menangkap anak lain atau meloloskan diri dari musuh. Dengan bermain galasin, seluruh anggota tubuh menjadi lebih aktif dan menghasilkan keringat. Sensor motorik anak pun secara tak langsung dilatih lewat permainan anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com