Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sekarang, Raja Ampat Punya Rumah Seni Sawinggrai

Kompas.com - 29/04/2016, 21:45 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


RAJA AMPAT, KOMPAS.com—
Ada yang baru di Raja Ampat, Papua Barat. Di lokasi wisata ini sekarang berdiri Rumah Seni Budaya Sawinggrai.

“(Dengan rumah ini) wisatawan tidak hanya akan menikmati keindahan alam di Tanah Papua, tetapi juga bisa melihat langsung keragaman seni dan budaya serta keanekaragaman hayati khas," ungkap Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, Jumat (29/4/2016).

Pembangunan rumah seni tersebut merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial (CSR) Pertamina di Papua Barat dan Papua. Menurut Dwi, ini adalah bentuk dukungan perusahaannya terhadap pelestarian seni dan budaya masyarakat setempat.

"(Rumah Seni Sawinggrai) bisa menjadi bagian dari potensi objek wisata unggul di Raja Ampat," kata Dwi saat penyerahan dan peresmian.

Lewat CSR yang sama, Pertamina menyerahkan bantuan pendidikan dan kesehatan senilai Rp 1,9 miliar. Khusus Rumah Seni Budaya Sawinggrai, pembangunan dilakukan Pertamina bekerja sama dengan tokoh seni Kampung Sawinggrai, Yesaya Mayor.

Selain bangunan, alat musik dan fasilitas pendukung kegiatan seni sudah termasuk dalam program ini. Ke depan, Rumah Seni Budaya Sawinggrai akan menjadi tempat berlatih para seniman musik dan tari Raja Ampat, sekaligus menjadi tempat pentas.

Sebagai penambah daya tarik bagi wisatawan, di Rumah Seni Budaya Sawinggrai juga ada burung cendrawasih, anggrek khas Papua, serta beragam ikan hias lokal.

Dok Pertamina Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto, berdialog dengan para siswa sekolah dasar di Papua, Jumat (29/4/2016), saat menyerahkan bantuan pendidikan dan kesehatan, sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaannya.
Adapun untuk bantuan pendidikan, Pertamina merenovasi asrama mahasiswa LMA Malamoi di Jayapura, Papua. Bersamaan, diserahkan pula beasiswa bagi 73 mahasiswa dan bantuan peralatan sekolah untuk 200 siswa sekolah dasar di Raja Ampat. 

Sementara itu, CSR kesehatan Pertamina diberikan dalam rupa program Kesehatan Anak Tercinta dan Ibu (Sehati) serta penyuluhan dan pemeriksaan gigi gratis (Clino Gigi) di Distrik Seget, Sorong, Papua Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com