Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IndonesiaX Sediakan Kursus Online Gratis dari HarvardX

Kompas.com - 02/05/2016, 13:49 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Menyambut Hari Pendidikan Nasional, IndonesiaX meluncurkan kursus online yang materinya dikembangkan oleh HarvardX.

Kursus dengan judul "Contract Law: From Trust to Promise to Contract" disampaikan dalam bentuk video oleh Profesor Charles Fried dari Harvard Law School. 

Profesor Fried adalah salah satu pakar terkemuka di dunia dalam bidang hukum kontrak dan telah mengajar di Harvard Law School selama lebih dari 50 tahun dan banyak menulis mengenai kontrak.

Profesor Fried bukan hanya ahli yang terkemuka pada hukum kontrak, tapi ia juga menggunakan pendekatan bercerita untuk menjelaskan topik, yang menciptakan pengalaman belajar yang unik dan menarik di kelas.

Video dalam kursus ini disajikan dalam Bahasa Inggris dan IndonesiaX menyediakan terjemahan narasi dalam Bahasa Indonesia sehingga semua peserta didik IndonesiaX memiliki kesempatan untuk belajar tentang hukum kontrak dari perspektif Profesor Charles Fried.

Ini adalah kelanjutan dari kemitraan IndonesiaX dengan edX, sistem pembelajaran online dan penggagas MOOC (Massive Open Online Courses) di dunia yang didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012. 

"Kursus online gratis di IndonesiaX.co.id ditargetkan untuk mendemokratisasi pendidikan di Indonesia. Siapa saja, di mana saja di berbagai lokasi di negeri kita dapat belajar di IndonesiaX dari pengajar terbaik di universitas terbaik dan pemimpin perusahaan terkemuka di Indonesia maupun mancanegara untuk meningkatkan pengetahuan dan life skills," kata Presiden Direktur IndonesiaX, Lucy Mangoendipoero Pandjaitan dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Learning management system (LMS) IndonesiaX didesain khusus untuk masyarakat Indonesia dan disajikan dalam bahasa Indonesia. Sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2015, saat ini tercatat lebih dari 60.000 peserta kursus online dari 10 kursus yang tersedia.

Konten lokal

IndonesiaX terus menambah program dengan asisten pengajar lokal yang akan berinteraksi secara bebas dengan peserta didik melalui forum diskusi dalam Bahasa Indonesia. Transkrip verbatim dalam Bahasa Indonesia dapat didownload secara gratis.

Misalnya, mulai hari ini tersedia MOOC pertama dari Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) berjudul "Supply Chain Management" yang dibawakan oleh Professor Nyoman Pujawan. Nyoman Pujawan adalah profesor pertama dalam bidang supply chain engineering di Indonesia dan memperoleh sertifikasi dari APICS, USA sebagai CSCP (Certified Supply Chain Professional).

Saat ini, IndonesiaX juga sedang memproduksi MOOC dari Universitas Airlangga yang berjudul "Human Capital: tips in maintaining prime health", Rumah Perubahan yang berjudul 'The Art of Start Up' dan Universitas Indonesia "Disaster Management". Ketiga kursus ini akan mulai dibuka registrasi mulai tanggal 2 Mei 2016. 

Peluncuran MOOC HarvardX dan ITS ini akan diikuti oleh MOOC dari universitas dan perusahaan terkemuka lain yang menunjukkan komitmen IndonesiaX, untuk membantu memperkaya kehidupan anak bangsa (enriching lives) sampai ke tempat terpencil.

IndonesiaX telah bermitra dengan universitas-universitas dan perusahaan-perusahaan ternama seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Terbuka, Rumah Perubahan, Bursa Efek Indonesia, dan NET TV untuk mempersembahkan kursus online gratis untuk publik melalui situs www.indonesiax.co.id.

 

 

"Apa yang dilakukan IndonesiaX sebenarnya ingin merealisasi pesan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, bahwa setiap orang adalah guru dan setiap rumah adalah sekolah. Tidakkah itu, merupakan fenomena ubiquitous pendidikan dalam era digital sekarang ini," ujar Prof. Mohammad Nuh, guru besar Fakultas Teknik ITS yang didapuk menjadi salah satu Dewan Penasihat (Advisory Council) IndonesiaX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com