Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Nasional TIK dan Seminar "Parenting" Tekankan Pendekatan Belajar Sambil Bermain

Kompas.com - 06/05/2016, 13:00 WIB

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Olimpiade Nasional Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) tingkat pelajar dan seminar bagi para guru dan orangtua terkait topik TIK mulai digelar, Kamis (5/5/2016).

Kegiatan terebut diselenggaraan Komunitas Guru TIK dan Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) hingga Minggu (7/5/2016) mendatang di Aula Gedung Kemendikbud, Jakarta.

Sejumlah perlombaan seperti lomba membuat gim, lomba desain website, lomba robotik, lomba membuat film pendek, dan lomba membuat presentasi diselenggarakan dalam Olimpiade Nasional TIK.

Perlombaan tersebut diikuti para pelajar dari sebagian wilayah di Indonesia yang sebagian di antaranya hingga Kamis masih berdatangan dengan keinginan untuk mendaftarkan diri.

Salah seorang penanggung jawab penyelenggaraan acara lomba robotik, Lucas C Gee menyebutkan hal itu kemungkingkan dilakukan menyusul pendaftaran secara daring (online) yang belum bisa dipenuhi sebagian peserta.

Sementara itu pada waktu nyaris bersamaan, seminar bagi para guru dan orangtua terkait topik TIK dengan tema “ICT For All” juga dilaksanakan.

Kedua pembicara yang juga adalah pegiat IT serta pendidikan, Onno W Purbo dan Aranggi Soemardjan, saling berbagi ilmu tentang pentingnya metode belajar sembari bermain dengan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagian peserta terlihat menyimak paparan yang diberikan sembari sesekali mencatat. Metode belajar berbagai mata pelajaran yang dipaparkan Onno dengan beberapa aplikasi selayaknya permainan komputer, memancing sebagian peserta untuk membenamkan antusiasme mereka lebih jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com