Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disney dan Pramuka Berkolaborasi dalam Program Kepedulian Sosial

Kompas.com - 22/05/2016, 15:36 WIB

JAKARTA, Kompas.com – Dilatarbelakangi kesadaran untuk mengembangkan kepedulian sosial di kalangan pemuda-pemudi Indonesia, Gerakan Pramuka dan The Walt Disney Company Southeast Asia berkolaborasi dalam melaksanakan program kerelawanan sosial yang dinamakan ‘Time Please!’.

Program yang akan dilaksanakan di 5 kota, yaitu Jakarta, Kabupaten Bandung, Medan, Semarang, dan Surabaya, ini diresmikan di Jakarta pada tanggal 20 Mei 2016.

Dalam program ini, siswa-siswi anggota Siaga dan Penggalang bisa mengajak keluarga mereka dan mencatat jumlah kontribusi waktu yang mereka berikan dalam kegiatan sukarela.

Jumlah kontribusi waktu terbanyak dan kegiatan yang memberikan dampak positif paling besar terhadap masyarakat mendapatkan penghargaan pada tingkat nasional.

Program ‘Time Please!’ dilakukan sejalan dengan nilai-nilai Gerakan Pramuka, yakni Tri Satya dan Dasa Darma, dan ditargetkan untuk menjangkau sekitar 20 juta Pramuka dari 5 kota pada tahun pertama, kemudian menjangkau semua anak-anak sekolah dari seluruh Indonesia pada tahun 2018.

Program kerelawan sosial ‘Time Please!’ akan berlangsung selama tiga bulan dari tanggal 14 Agustus 2016 di Jambore Nasional Gerakan Pramuka hingga 10 November 2016.

Dalam jangka waktu tersebut, para anggota Pramuka bersama keluarganya diajak meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan sukarela yang relevan dengan komunitas mereka.

Kegiatan sukarela ini dapat mencakup lingkungan hidup, pendidikan, kebersihan dan kesehatan, atau bidang-bidang lainnya yang dapat mendukung perkembangan komunitas.

Adhyaksa Dault, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, mengatakan, “Sejalan dengan Dasa Darma, kami mendorong pemuda-pemudi menginspirasi keluarga dan lingkungannya untuk melakukan hal yang baik, untuk memiliki dan menunjukkan kepedulian sosial dengan memberikan waktu mereka untuk melayani masyarakat."

Seshasaye Kanthamraju, Executive Director of Corporate Communications and Citizenship, The Walt Disney Company Southeast Asia, mengatakan, “Program ini merupakan perpanjangan dari program sukarela Disney, di mana kami mengajak keluarga masing-masing untuk menyumbangkan waktu dalam kegiatan yang memberikan dampak positif kepada lingkungan, seperti memperbaiki dinding-dinding rumah sakit, atau mendukung organisasi yang bergerak di konservasi Badak dan Harimau Sumatera di Indonesia.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com