Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap... Besok Ujian SBMPTN!

Kompas.com - 30/05/2016, 14:51 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

KOMPAS.com — Besok, tepatnya Selasa (31/5/2016), ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan digelar. Dari sekarang, peserta SBMPTN sebaiknya mulai mencatat jadwal ujian. Jangan sampai terlambat datang!

Seperti tercatat di situs resmi SBMPTN, peserta yang mengambil bidang Saintek dan Campuran akan memulai ujian lebih awal, baik untuk ujian dengan metode paper based test (PBT) maupun computer based test (CBT). Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) menjadi materi pembuka, dimulai pukul 07.00 WIB sampai 09.15 WIB.

Lalu, setelah beristirahat selama 30 menit, ujian dilanjutkan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) pada 09.45 WIB sampai 11.45 WIB. Semua peserta SBMPTN, termasuk calon mahasiswa bidang Soshum, wajib mengikuti tes ini.

Setelah materi TKPA, peserta SBMPTN bidang Saintek bisa langsung pulang, sedangkan calon mahasiswa bidang Soshum dan Campuran masih harus menyelesaikan satu materi ujian terakhir, yaitu TKD Soshum.

Namun, ada hal berbeda dalam pelaksanaan ujian SBMPTN tahun ini karena ada dua metode uji, CBT dan PBT. Peserta ujian CBT akan memasuki ruang uji 15 menit lebih awal untuk latihan sistem dan memastikan aplikasi CBT bisa berfungsi dengan baik.

Setidaknya, ada 30 perguruan tinggi negeri siap memfasilitasi CBT. Kuota CBT yang disiapkan sekitar 2.500 dan sudah habis dalam satu pekan sejak dibuka pada 25 April 2016.

"Kuota (CBT) paling banyak ada di Universitas Negeri Yogyakarta," ucap Ketua Umum SBMPTN 2016 Rochmat Wahab kepada Kompas.com, Senin (9/5/2016).

Meskipun jadwal pelaksanaan SBMPTN sudah pasti, peserta diharapkan datang lebih awal. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan gagal ikut tes karena terlambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com