Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok Ujian SBMPTN, Jangan Lupa Bawa Persyaratan Wajibnya!

Kompas.com - 30/05/2016, 17:31 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

KOMPAS.com – Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 dilaksanakan besok, Selasa (31/5/2016). Segala persiapan perlu dilakukan, termasuk menyiapkan persyaratan wajib yang harus dibawa nanti.

Peserta SBMPTN tanpa kecuali harus membawa kartu identitas (kartu pelajar), kartu tanda peserta ujian, dan fotokopi ijazah SMA/SMK/MA yang sudah dilegalisasi pihak sekolah. Namun, peserta yang baru saja lulus dan belum memiliki ijazah bisa mengantongi Surat Keterangan Lulus (SKL) dari kepala sekolah. Dalam SKL, peserta wajib menempelkan pasfoto berwarna ditambah cap sekolah.

Khusus peserta yang memilih Paper Based Test (PBT) harus membawa alat tulis berupa pensil hitam (2B), rautan, penghapus, dan pulpen hitam. Namun begitu, peserta Computer Based Test (CBT) sebaiknya turut menyiapkan alat tulis sama untuk berjaga-jaga.

Sebagai tambahan, makanan dan minuman juga perlu disiapkan, terutama bagi peserta yang mengambil bidang Campuran (Saintek dan Soshum). Mereka akan mengikuti seluruh sesi ujian mulai pukul 07.00 WIB sampai 14.30 WIB. Ini penting agar perut tidak keroncongan dan mengganggu konsentrasi ujian.

Jeda waktu istirahat pun tak lama, hanya sekitar 30 menit di pagi hari dan istirahat siang lebih kurang 1 jam 15 menit. Daripada menghabiskan waktu tersebut untuk mencari dan mengantre jajanan, lebih baik beristirahat sambil menikmati bekal. Terlebih lagi, jika Anda belum cukup mengenal daerah sekitar tempat ujian.

Terakhir, pastikan Anda datang 30 menit lebih awal. Ingat, Anda perlu mencari ruang ujian terlebih dulu, dan ini bisa memakan waktu. Peserta ujian CBT pun diharuskan masuk ruangan 15 menit lebih awal untuk mencoba aplikasi SBMPTN. Nah, pastikan datang lebih awal!.

Selamat ujian!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com