Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelajar IPEKA Borong Medali Olimpiade Sains Nasional

Kompas.com - 03/06/2016, 15:51 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 12 pelajar sekolah IPEKA meraih beberapa medali sekaligus pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 16-20 Mei 2016. Tahun ini 1.680 siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA bersaing di ajang olimpiade tingkat nasional tersebut.

Dua pelajar IPEKA tercatat menyabet medali emas. Mereka adalah Stanve Avrilium Widjaja dari SMP IPEKA Plus BSD dengan mata pelajaran Matematika dan Kezia Sulami (SMA IPEKA Sunter) untuk mata pelajaran komputer. Sementara itu, 10 pelajar lainnya mendapatkan medali perak dan perunggu.

Adapun pelajar IPEKA yang meraih medali perak pada mata pelajaran IPA untuk tingkat SMP adalah Nixon Widjaja dari SMP IPEKA Plus BSD, Joan Nadia dari SMP IPEKA Tomang, dan Kay Euginia Purnama dari SMP IPEKA Puri. Sementara itu, pada mata pelajaran Matematika diraih Nicholas Russell dari SMP IPEKA Sunter, dan mata pelajaran IPS oleh Jennifer Josephine dari SMP IPEKA Puri.

Tahun ini prestasi penghargaan perak jenjang SMA diraih oleh Eunice Sukarto dari SMA IPEKA Integrated Christian School (IICS) pada mata pelajaran Matematika, Patrick Bryan Nugraha dari SMA IICS mata pelajaran Fisika, dan Ricky Linarto dari SMA IPEKA Sunter pada mata pelajaran Biologi. Adapun dua perunggu berhasil diraih pelajar tingkat SD, yakni Yuan Komah dari SD IPEKA Palembang mata pelajaran Matematika dan Steanley Vanquish Kho dari SD IPEKA Palembang untuk mata pelajaran IPA.

Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan IPEKA Theo Kurniadi mengatakan pihaknya mengusahakan supaya siswa dan siswi lebih senang belajar. Ia tidak ingin para anak didik hanya belajar untuk mengejar nilai, melainkan juga untuk mengembangkan diri.

"Dan bisa mengkontribusikan sesuatu yang berguna pada masa depannya. Harapan kami adalah selalu bisa menolong anak-anak menemukan minat dan bakatnya," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (3/6/2016). 

Kompetitif

OSN 2016 melombakan berbagai macam mata pelajaran. Untuk jenjang SD mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika dan IPA, sedangkan OSN SMP memperlombakan Matematika, IPA, dan IPS. Adapun lomba OSN SMA terdiri dari Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer, Astronomi, Kebumian, Eknonomi, dan Geografi.

Tahun ini sebanyak 1.680 siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA menjadi peserta OSN. Mereka mengikuti seleksi mulai tingkat sekolah, berlanjut ke kabupaten, lalu provinsi. Para pelajar yang lolos seleksi adalah yang terbaik dari provinsi masing-masing.

Perincian 1.680 adalah untuk OSN SMA, terdiri dari 775 siswa yang  berhasil lolos menjadi peserta OSN yang berasal dari sekolah seluruh Indonesia. Sedangkan OSN SMP terdiri dari 396 peserta dan OSN SD terdiri dari 408 peserta seluruh sekolah di Indonesia.

Tahun ini juri berasal dari berbagai bidang ilmu di berbagai perguruan tinggi, antara lain Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Selain berasal dari akademisi, ada juga juri berasal dari kalangan praktisi.

"Tidak mudah meraih pencapaian ini tanpa dukungan penuh orang tua, teman-teman, dan sekolah. Saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk mendalami bidang komputer secara intensif. Semoga kemenangan ini dapat memberikan inspirasi bagi teman-teman lainnya," ujar Kezia Sulami (16), peraih emas dari SMA IPEKA Sunter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com