Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Peserta Ikut Ujian Masuk UGM di Kampus Unas

Kompas.com - 08/06/2016, 16:06 WIB
M Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional membuka kerjasama dengan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) untuk menggelar ujian tulis Universitas Gadjah Mada di Kampus Unas Pejaten. Kagama menjadi panitia lokal yang ditunjuk UGM untuk melaksanakan ujian masuk jalur mandiri tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Humas Universitas Nasional, Dian Metha Ariyanti mengatakan, pihak Unas menyiapkan seluruh sarana dan prasarana untuk membantu UGM. 

"Kami pakai seluruh kelas untuk digunakan ujian, termasuk aula dan juga beberapa laboratorium. Personil juga diturunkan untuk membantu kelancaran kegiatan ujian tulis ini," ujar Metha, Rabu (8/6/2016).

Salah satu pengurus Kagama, Dwi Sapto Yuliharto, tahun ini UGM mengadakan ujian mandiri di empat kota secara bersamaan, yaitu di Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru dan Balikpapan. Total pesertanya, lanjut dia, mencapai 32.000 orang.

"Sebanyak 2.602 orang mengikuti ujian di Universitas Nasional. Peserta terdiri dari kelas Saintek, Soshum dan campuran. Prosentase terbesar adalah di kelas saintek," kata Sapto.

Ujian tulis itu, lanjut Sapto, merupakan bagian dari ujian jalur mandiri yang diadakan oleh UGM. Selain jalur mandiri, UGM juga membuka jalur undangan dan SBMPTN.

Pada Minggu (5/6/2016), sejak pukul 05.00 WIB, peserta dan para pengantar sudah berdatangan ke kampus Unas. Bahkan, banyak peserta datang dari luar kota, antara lain Bandung, Sukabumi, Lampung, hingga Balikpapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com