Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara Mahasiswa UAJY Raih 3 Medali di Sochi, Rusia

Kompas.com - 11/07/2016, 12:20 WIB

SOCHI, KOMPAS.com - Satu lagi kelompok paduan suara dari Indonesia memenangkan penghargaan dalam kompetisi internasional.

Setelah paduan suara anak Indonesia, The Resonanz Children's Choir (TRCC), menjadi juara umum di Kota Venezia, Italia, giliran Paduan Suara Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UKM PSM UAJY) juara di Sochi, Rusia. (Baca: Paduan Suara Anak Indonesia Jadi Juara di Italia)

PSM UAJY berhasil meraih 2 medali emas dan 1 medali perak dalam ajang World Choir Games 2016 yang tahap pertamanya berlangsung 6-9 Juli 2016 lalu di Bolshoy Ice Dome, area Olympic Park, Sochi, Rusia.

"Kami sangat bangga karena dalam partisipasi pertama ini, kami telah meraih 2 medali emas dan 1 perak dalam 3 kategori yang diikuti: Mixed Youth Choirs dan Scenic Folkore Choirs, serta Scenic Pop/Show Choirs," ujar Alfredo Wujon, Ketua UKM PSM UAJY, seperti diberitakan situs resmi UAJY.

Pembagian Penghargaan diberikan Minggu (10/7/2016) siang mulai pukul 09.30 waktu Rusia.

World Choir Games (WCG) diselenggarakan oleh Interkultur sejak tahun 2000. WCG 2016 diikuti oleh 283 tim dari 76 negara. Dari Indonesia ada empat tim yang mewakili masing-masing PSM UAJY dari Yogyakarta, dua dari Makasar, dan satu dari Papua.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori besar yaitu Open Competition yang bisa diikuti oleh siapa saja yang lolos seleksi dari panitia dan Championship Competition khusus untuk kelompok paduan suara yang sudah menjuarai kompetisi internasional.

PSM UAJY mendapat undangan untuk mengikuti Championship Competition karena telah menjadi pemenang berbagai kompetisi internasional. Antara lain penghargaan nilai tertinggi dan meraih 2 medali emas di ajang the 2nd Vietnam International Choir Competition tahun 2012, juara di ajang "Sing 'N Joy" Manila 2013 Phillipines International Choir Competition, serta medali emas dalam Asian Arts Festival 2014 "Breaking Boundaries" di Singapore tahun 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com