Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian Jalur Mandiri SBMPTBR 2016 Digelar Serempak Hari Ini

Kompas.com - 14/07/2016, 14:07 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com – Hari ini, Kamis (14/7/2016), peserta yang sudah mendaftar masuk universitas lewat jalur mandiri Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya (SBMPTBR) gelombang pertama khusus program sarjana mengikuti ujian tertulis.

SBMPTBR merupakan jalur seleksi mandiri hasil kerja sama 45 perguruan tinggi negeri dan swasta di kawasan eks Karesidenan Besuki, Probolinggo, dan Lumajang. Namun, tahun ini hanya 22 perguruan tinggi saja yang membuka penerimaan mahasiswa lewat jalur SBMPTBR.

Tercatat, sekitar 5.628 peserta ujian akan mengikuti ujian tertulis secara serentak di lima kota, yaitu Jember, Banyuwangi, Situbondo, Lumajang, dan Probolinggo.

"Jumlah tersebut terdiri dari 3.046 peserta kelompok ujian Sains dan Teknologi serta 2.582 peserta kelompok ujian Sosial Humaniora," kata Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember (Unej), Agung Purwanto di kampus Tegalboto, Jember, Jawa Timur, Rabu (13/7/2016).

Berdasarkan data dari panitia SBMPTBR, sekitar 120 peserta akan mengikuti ujian di Universitas Abdulrachman Saleh Situbondo. Di Universitas 17 Agustus Banyuwangi ada lebih kurang 399 peserta yang mengikuti ujian, sedangkan 136 peserta lain ditempatkan di Universitas Panca Marga Probolinggo.

Selain tiga lokasi di atas, tercatat 78 peserta melaksanakan ujian tertulis di Universitas Lumajang. Ujian peserta SBMPTBR lain yang berjumlah 4895 peserta sudah dipusatkan di kampus Tegalboto, Universitas Jember.

"Jumlah peserta ujian SBMPTBR gelombang satu di kampus Tegalboto terdiri dari 2.632 peserta kelompok ujian Saintek dan 2.263 peserta kelompok ujian Soshum," tutur Agung.

Data pendaftar menunjukkan, Fakultas Kedokteran menjadi program studi (prodi) paling diminati peserta kelompok ujian Saintek yang mendaftar ke Universitas Jember dengan total 608 pendaftar.

Pada kelompok ujian Soshum, prodi Manajemen menempati urutan pertama dengan jumlah pendaftar mencapai 545.

Sebelumnya, peserta SBMPTBR program sarjana sudah mendaftar secara online di situs http://sbmptbr.unej.ac.id/ yang baru saja ditutup Senin, 4 Juli 2016. Tapi, pendaftaran gelombang kedua untuk program diploma masih terbuka hingga Jumat, 22 Juli 2016.

Untuk tata cara pendaftaran, peserta bisa melihat situs sama. Pada Selasa, 19 Juli 2016 nanti, hasil SBMPTBR akan diumumkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com