Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Cara Anak-anak Menyuarakan Cita-cita dan Harapannya?

Kompas.com - 23/07/2016, 22:30 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sorak-sorai anak-anak sudah menggema di KidZania Jakarta sejak pagi, Sabtu (23/7/2016). Di tempat rekreasi sekaligus tempat belajar ini, anak-anak yang datang pun ditantang untuk gagah mengusung cita-cita mereka. Apa sajakah?

“Aku mau jadi pebalap,” ujar Uky, salah satu anak di sana.

Uky datang bersama 19 anak-anak lain berusia 4-8 tahun. Mereka adalah anak-anak yatim dan dhuafa yang khusus diundang Best Western Hotel, untuk bersama-sama merayakan Hari Anak Nasional.

Tak hanya Uky yang belajar lantang menyuarakan cita-citanya. Semua anak di rombongan ini memakai seragam, yang di masing-masing punggung mereka tertempel stiker bertuliskan nama, cita-cita, dan harapan.

Di punggung kaos Uky, harapan yang dia gantang tak muluk. "Menang," tulis dia ringkas.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Anak-anak sedang memerankan profesi dokter gigi di KidZania Jakarta.

Lain lagi dengan Sifa. Pelajar kelas 2 Sekolah Dasar ini menuliskan guru sebagai cita-citanya. “Harapannya supaya bisa bikin orang pintar,” ujar dia malu-malu saat disapa Kompas.com.

Selain Uky dan Sifa masih ada 18 anak lain yang juga turut menuliskan cita-cita dan harapan dalam stiker. Polisi dan dokter masih menjadi profesi yang paling banyak diminati anak-anak ini.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Anak-anak berperan sebagai make up artist dan hair stylist di KidZania Jakarta.

“Acara ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional. Selain ingin berbagi pengalaman, kami ingin anak-anak yang kurang berutung dapat merasakan permainan berteknologi tinggi yang dapat mengedukasi,” ujar Direktur Sales & Marketing Best Western Hotel, Andriana Hendrawati, tentang rombongan yang dia bawa.
KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Anak-anak berperan sebagai pemadam kebakaran pada Hari Anak Nasional, Sabtu (23/7/2016) di KidZania, Jakarta.

Harapannya, lanjut Andriana, melalui acara ini anak-anak bisa mendapatkan pengetahuan baru serta termotivasi menjadi orang yang berhasil dan sukses.

Di tempat rekreasi berkonsep edukasi dan hiburan tersebut, anak-anak memang ditantang bermain peran menjalankan beragam profesi orang dewasa. Di antara permainan peran itu adalah menjadi dokter, petugas pemadam kebakaran, pilot, juru masak, wartawan, dan penyiar radio.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Pada Hari Anak Nasional, Sabtu (23/7/2016), Hotel Best Western mengajak 20 anak yatim dan dhuafa di kawasan Palmerah untuk bermain di pusat rekreasi KidZania.

“Setelahh acara ini selesai, mereka akan kami beri kesempatan menuliskan kembali cita-citanya untuk mengetahui apakah profesi impian mereka berubah atau bertambah,” kata Andriana.

Kalau anak-anak ini sudah berani menyuarakan cita-cita dan harapannya, bagaimana dengan anak-anak di sekitar Anda?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com