Nih...Beberapa Kampus Terbaik Asia untuk Pilihan Kuliah di Luar Negeri! - Kompas.com

Nih...Beberapa Kampus Terbaik Asia untuk Pilihan Kuliah di Luar Negeri!

Mikhael Gewati
Kompas.com - 23/08/2016, 16:22 WIB
Dok Tokyo International University Khusus untuk mahasiswa program E-Track, Tokyo International Univesity (TIU) memberikan beasiswa berupa pengurangan biaya mata kuliah (tuition reduction) mulai 30 persen hingga 100 persen. Mahasiswa bisa mendaftar beasiswa ketika ujian masuk.


KOMPAS.com
- Tren melanjutkan studi ke luar negeri makin diminati pelajar Indonesia. Beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat, Australia, atau Eropa pun menjadi tujuan favorit mereka kuliah.

Sementara itu, kawasan Asia sering terabaikan. Padahal, banyak perguruan tinggi di kawasan itu punya reputasi mentereng.

Kuliah di beberapa negara di Asia juga punya keuntungan tersendiri bagi pelajar Indonesia. Salah satunya, sebagian menu makanan tak terlalu jauh berbeda dengan di dalam negeri.

Terlebih, hampir semua perguruan tinggi terbaik di Asia ada di kawasan Asia Timur dan Tenggara, negara-negara yang umumnya menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Dengan begitu, mahasiswa Indonesia yang kuliah di kawasan tersebut tak kesulitan beradaptasi dalam hal makanan.

Lalu, perguruan tinggi mana saja yang punya reputasi menterang di Asia? Berikut beberapa perguruan tinggi terbaik di Asia versi Times Higher Education 2015.

National University of Singapore

Didirikan pada 1905, National University of Singapore (NUS) adalah perguruan tinggi yang mengadopsi dua sistem pendidikan. Pertama, metode belajar dari Inggris—tutorial atau kelompok kecil—dan kedua sistem kredit mata kuliah seperti di Amerika Serikat.

Selain mata kuliah wajib, mahasiswa juga bisa memilih mata kuliah dari berbagai jurusan lain sebagai mata kuliah tambahan tanpa pungutan biaya. Jadi, mereka bisa mencari ilmu lain di luar jurusan kuliahnya.

Dok Fujistaff Indonesia Jangan khawatir, perguruan tinggi di Asia pun banyak yang menawarkan program kuliah dalam bahasa Inggris.

Untuk lembaga penelitian, NUS memiliki tiga Research Center of Excellence (RCE), yaitu lembaga penelitian bentukan Yayasan Riset Nasional Singapura dan Kementerian Pendidikan Singapura.

NUS juga aktif terlibat dalam jaringan akademis dan penelitian internasional, seperti Asosiasi Pacific Rim Universities (APRU) dan International Alliance Universitas Riset (IARU).

Tak heran, kelebihan tersebut membuat NUS duduk di peringkat ke-23 dari 100 perguruan tinggi terbaik dunia dan peringkat satu di Asia.

Nanyang Technological University

Masih dari negeri tetangga, Singapura, Nanyang Techonogival University (NTU) ada di peringkat ke dua perguruan tinggi terbaik di Asia.

Perguruan tinggi yang terkenal ramah lingkungan ini merupakan satu dari 15 kampus terindah di dunia. Tercatat, 33.000 mahasiswa baik program sarjana dan pascasarjana kuliah di universitas yang bermitra dengan Imperial College London.

NTU mempunyai beberapa lembaga nasional kelas dunia, seperti National Institute of Education (NIE), S Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Earth Observatory of Singapore (EOS), dan Singapore Centre on Environmental Life Sciences Engineering (SCELSE).

Tak hanya itu, NTU juga punya beragam pusat penelitian terkemuka, antara lain Nanyang Environment & Water Research Institute (NEWRI), Energy Research Institute NTU (ERIAN) dan Institute on Asian Consumer Insight (ACI).

Dengan sederet keunggulan tersebut, saat ini NTU ada di ranking ke-55 perguruan tinggi sedunia.

Paking University

Terletak di Distrik Haidian, Beijing, Tiongkok, Paking University bertengger di posisi tiga perguruan tinggi terbaik se-Asia.

Kampus yang dikenal sebagai "Yan Yuan" atau Kebun Yan ini terdiri 30 institut dan 12 fakultas. Untuk sarjana ada 93 jurusan, lalu dua program dual degree, pendidikan calon guru 199 jurusan, dan program doktoral 173 jurusan.

Untuk kualitas penelitian, Paking University telah memiliki 216 lembaga dan pusat penelitian. Tak hanya itu, universitas ini juga memiliki dua pusat penelitian teknik dan 12 laboratorium berskala nasional yang mempunyai peranan penting.

University of Tokyo

M Latief/KOMPAS.com Saat ini, jumlah mahasiswa Indonesia di Jepang ada 2.410 atau 1,8 persen dari total 135.519 mahasiswa asing di Jepang. Jumlah tersebut membuat Indonesia ada di peringkat keenam sebagai negara terbanyak yang mahasiswanya ada di Jepang.

Perguruan tinggi ini adalah yang paling tua dan ternama di Jepang. Banyak politikus besar dan karya-karya penelitian fenomenal lahir di universitas ini.

Selain itu, perguruan tinggi milik Pemerintah Negeri Matahari Terbit ini juga terkenal karena hasil penelitian mahasiswanya berhasil memenangkan Hadiah Nobel.

Total sudah sembilan Hadiah Nobel diraih mahasiswa universitas ini. Tak heran jika University of Tokyo menduduki peringkat ke-43 dunia dan ke tujuh se-Asia.

Bagi yang kesulitan berbahasa Jepang, University of Tokyo juga menyediakan kelas pengantar bahasa Inggris dalam program English Track Program (E-Track).

Selain empat perguruan tinggi di atas, masih ada enam perguruan tinggi lain yang masuk dalam ranking sepuluh besar perguruan tinggi terbaik di Asia.

Kampus tersebut antara lain, University of Hongkong (4), Tsinghua University di China (5), Hongkong University of Science and Technology (6), Pohang University of Science and Technology di Korea selatan (8), Seoul National University di Korea Selatan (9), dan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) (10).

Bagaimana, tertarik kuliah di kawasan Asia? Bila masih ragu, Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak lewat Visual Interaktif Kompas (VIK) dengan tajuk "Berburu Beasiswa". Selamat mencoba!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisMikhael Gewati
EditorLatief
Komentar
Close Ads X