Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susah Dapat Beasiswa Pemerintah? Berburu ke Perusahaan Swasta Saja!

Kompas.com - 26/08/2016, 11:25 WIB
Mikhael Gewati

Penulis


KOMPAS.com
- Awalnya, Putri mengaku sudah pasrah dengan kelanjutan kuliahnya. Remaja ini telah luntang-lantung berburu beasiswa ke berbagai instansi pemerintah, tapi selalu gagal.

Mahasiswi fakultas kedokteran gigi di salah satu perguruan tinggi di Indonesia itu sadar diri bahwa keluarganya sudah tak sanggup lagi membiayai kuliah. Namun, tepat ketika ia hampir putus asa, setitik cahaya menghampiri.

Tak sengaja Putri membaca iklan di surat kabar yang berisi informasi pembukaan beasiswa dari perusahaan swasta. Tanpa pikir panjang, hari itu juga dia bergegas mendaftar secara online.

Selang tiga hari, anak dari pedagang buah itu mendapat panggilan mengikuti tes dan lulus. Putri tak perlu lagi risau mencari dana melanjutkan kuliah.

Kisah perjuangan gigih Putri bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa yang punya keterbatasan dana kuliah. Kesempatan beasiswa tak hanya didapat dari pemerintah saja.

Nah, berikut ini beberapa perusahaan swasta yang mempunyai program beasiswa:

Djarum Beasiswa Plus

Ada beberapa kriteria harus dipenuhi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa dari Djarum Foundation ini. Pertama, mahasiswa wajib memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 di semestar tiga.

Kedua, mahasiswa juga mesti aktif berorganisasi, baik itu di dalam maupun di luar kampus. Setelah mendapat beasiswa, mereka wajib mempertahankan nilai IPK minimal 3,00 hingga akhir semester enam. Kalau gagal, beasiswa akan dihentikan.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui laman djarumbeasiswaplus.org. Pendaftaran dibuka setiap tahun ajaran baru. Mahasiswa semester satu yang ingin mendaftar punya waktu mempersiapkan diri untuk memenuhi semua persyaratan tersebut.

Yayasan Toyota Astra Beasiswa

PT Toyota Astra melalui Yayasan Toyota Astra (YTA) mempunyai program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa. Ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan.

Pertama adalah beasiswa reguler untuk mahasiswa umum dan politeknik. Beasiswa ini dikhususkan untuk mahasiswa yang mengambil jurusan teknik.

Jurusan tersebut meliputi teknik mesin, elekto, arsitek, sipil, kimia, industri, lingkungan, dan teknologi informatika. Selain jurusan tersebut, mahasiswa MIPA, pertanian, perikanan, dan kehutanan juga bisa mendaftar.

Mahasiswa umum boleh mendaftar pada semester lima atau tujuh dengan nilai IPK minimal 2,8. Sementara itu, khusus mahasiswa politeknik bisa mendaftar saat semeser tiga atau lima.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com