Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2016, 07:58 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis


KOMPAS.com
– Bekerja sembari kuliah di Australia bisa melengkapi pengalaman belajar sekaligus menjadi peluang menambah uang "jajan". Meski memiliki peraturan ketat, negara ini mengizinkan mahasiswa internasional untuk kerja paruh waktu sambil menempuh masa studinya.

Australia menyediakan peluang besar melalui berbagai jenis industri bagi pekerja paruh waktu. Berikut ini beberapa cara mencari uang tambahan saat mahasiswa belajar di Australia:

Barang bekas

Konsep garage sale atau menjual barang bekas layak pakai sudah umum dilakukan masyarakat Australia. Negara ini memang menghargai budaya daur ulang dan penawaran menguntungkan.

Dilansir dari The Huffington Post Australia, Negeri Kanguru ini akan menyelenggarakan Garage Sale Trail pada 24 Oktober 2016 mendatang. Komunitas penyelenggara memprediksikan akan ada 10.000 garage sale dengan lebih dari 6 juta barang yang dijual.

Mahasiswa boleh saja ikut dan menawarkan barang-barang, mulai buku-buku tidak terpakai sampai pakaian musim lalu. Jangan lupa untuk melihat toko sebelah sebelum menjual barang agar Anda dapat memberikan penawaran harga terbaik.

Para mahasiswa juga dapat melakukan penjualan secara daring melalui situs web, misalnya Ebay. Foto barang dapat diunggah dan pembeli dari berbagai dunia dapat langsung melihatnya.

"Jual" kemampuan

Ebay sebenarnya bukan satu-satunya jalan untuk menghasilkan uang. Anda juga bisa mencari berbagai pundi-pundi uang dengan "menjual" kemampuan secara online.

Thinkstock Ilustrasi peluang bisnis digital.

Apabila merasa jago fotografi, pelajar bisa menjual hasil jepretan di berbagai situs foto, misalnya Shutterstock. Atau, Zibbet menawarkan wadah bagi mereka yang suka membuat barang-barang sendiri, mulai dari perhiasan buatan tangan sampai jasa menjahit.

Selain itu, pelajar dapat menawarkan jasa untuk bebersih rumah atau sebagai pengasuh anak. Dari pekerjaan ini, mahasiswa bisa mendapatkan upah hingga Rp 200.000 per jam.

Lakukan pekerjaan aneh

Tinggal di luar negeri sebagai mahasiswa rantau sedikit banyak dapat mengajarkan Anda sulitnya cari uang tambahan. Hal pertama yang harus diingat adalah jangan sungkan dan malu asal yang dilakukan masih dalam jalur kebaikan.

Selain beberapa cara di atas, ada pula berbagai peluang kerja yang boleh disebut aneh, tetapi mendatangkan pemasukan cukup lumayan. Anda bisa menjadi pengasuh hewan peliharaan yang mengajak jalan-jalan anjing serta kucing atau menjadi pembeli misterius yang malah dibayar untuk belanja.

Dok. GH Universal Hotel Bandung Menjadi penjaga binatang peliharaan seperti anjing bisa membuahkan penghasilan di Australia.

Semua pekerjaan ini mungkin ditemukan melalui situs web, media sosial, atau papan-papan pengumuman di kampus serta kedai kopi. Di Australia, siswa internasional dapat menemukan berbagai pekerjaan asal tidak malas mencari peluangnya.

Pastikan pajak dan visa

Saat melayangkan lamaran pekerjaan, pelajar pun perlu mendaftarkan diri di kantor pajak Australia dan mendapatkan nomor laporan pajak. Aturan dan pemotongan pajak akan berlaku sesuai dengan jumlah pendapatan mahasiswa.

Biasanya, tempat bekerja sudah memotong penghasilan untuk dibayarkan pada pajak. Akan tetapi, pelajar sebaiknya tetap memperhatikan secara rinci karena Australia memiliki peraturan ketat tentang perpajakan.

Tak hanya itu. Mahasiswa sebaiknya juga mengecek kelayakan visa yang dipakai. Visa pelajar umumnya hanya boleh dipakai bekerja selama 20 jam per minggu.

Nah, jika sudah mantap ingin kuliah di luar negeri dan membutuhkan informasi mengenai perguruan tinggi atau beasiswa, Anda bisa mengecek pula Visual Interaktif Kompas (VIK) "Berburu Beasiswa". Salam sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com