Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Pelajar Indonesia Siasati Biaya Hidup di Jepang…

Kompas.com - 11/10/2016, 06:13 WIB
Sri Noviyanti

Penulis


BEPPU, KOMPAS.com –
Biaya hidup di Jepang yang tinggi membuat orang kerap berpikir seribu kali untuk menginjakkan kaki di Negeri Matahari Terbit itu. Tak terkecuali saat kesempatan bersekolah di sana datang.

Survei dari konsultan investasi Mercer menyatakan, negara tersebut berada di posisi ketiga pemilik biaya hidup paling mahal se-Asia pada 2016. Karena itu, wajar ketika dapat kesempatan sekolah plus beasiswa pikiran akan terpaku pada biaya hidup.

“Padahal tidak segitunya. Kalau dihitung-hitung, bisa jadi biaya hidup di Jepang sama dengan kota besar di Indonesia,” ujar Natasha Talisca Adrianto, salah satu mahasiswi asal Indonesia yang kini berada di Negeri Sakura ditemui Kompas.com, Kamis (22/9/2016).

Saat ini Natasha adalah mahasiswi dari salah satu kampus di Jepang, Ritsumeikan Asia Pacific University (APU). Lokasi kampus itu ada di Beppu, Prefektur Oita. Karena berada di kota kecil yang jauh dari kota metropolitan seperti Tokyo, biaya hidupnya relatif bisa ditekan.

Di sana, kata Natasha, dia bisa menghabiskan kurang lebih 80.000 yen atau setara Rp 10 juta per bulan, menggunakan kurs saat ini.

“Itu sudah mencakup biaya tempat tinggal, makan sehari-hari, hingga transportasi dari dan menuju kampus,” imbuhnya.

Kalau disiasati dengan memasak tiap hari, kata Natasha, biaya hidup bisa berkurang lagi.

“Belanja makanan atau bumbu racik terus masak di apartemen bisa menghemat 10.000-20.000 yen (per bulan),” imbuhnya.

KOMPAS.com/SRI NOVIYANTI Suasana malam di Beppu, Prefektur Oita, Jepang.

Cakupan yang dijelaskan Natasha tidak termasuk biaya kuliah karena kebanyakan mahasiswa di kampusnya mendapatkan beasiswa.

“Tidak jauh berbeda dengan biaya hidup di kota besar di Indonesia. Teman saya yang berada di Jakarta atau Bandung juga kalau diakumulasi biaya hidupnya tinggi kok,” ujar dia.

Pernah ia bertanya pada beberapa teman yang berkuliah di Jakarta dan Bandung. Saat itu ia mendapati angka Rp 2 juta hingga lebih dari Rp 4 juta hanya untuk tempat tinggal standar kos atau apartemen mahasiswa.

“Itu belum sama transportasi, makan, atau jalan-jalan saat akhir pekan,”  ujarnya.

Kalaupun jumlah pengeluarannya masih dirasa mahal, Natasha punya siasat lain, yaitu bekerja paruh waktu.

“Seperti saat ini, saya bekerja di lembaga les bahasa. Pekerjaannya, mengajar Bahasa Inggris,” ujarnya.

Di Jepang, kata dia, mahasiswa asing boleh bekerja paruh waktu hingga 28 jam per minggu. Dengan begitu, dalam satu bulan ia bisa mendapat uang tambahan kurang lebih 50.000 sampai 60.000 yen.

Rekannya, Matteo Giuberto yang juga mahasiswa APU menjelaskan hal yang sama. Untuk mendapat uang tambahan, Matteo bekerja menjadi chef di restoran yang menyajikan menu Korea.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com