30 Mahasiswa Sulut Dapat Beasiswa Pendidikan Pariwisata di China - Kompas.com

30 Mahasiswa Sulut Dapat Beasiswa Pendidikan Pariwisata di China

Ridwan Aji Pitoko
Kompas.com - 15/11/2016, 15:28 WIB
KOMPAS/JEAN RIZAL LAYUCK Peserta dari Jepang menampilkan Gunung Fuji dan kimono pakaian khas masyarakat Jepang saat tampil di Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Senin (8/8/2016). Jepang baru pertama kali ini mengikuti festival tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tondano Tambang Nusajaya (TTN) akan memberangkatkan 30 anak Sulawesi Utara (Sulut) untuk menempuh pendidikan tiga tahun di jurusan pariwisata Jiangsu Husbandry Institute of Technology of China.

Selain kerja sama kedua perusahaan tambang tersebut, program beasiswa ini juga dilakukan bersama dengan SEAMOLEC, institusi di bawah naungan seluruh menteri pendidikan di Asia Tenggara, Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulut, dan Pemprov Sulut. "Pada tahap awal ini kami memberangkatkan 30 orang mahasiswa yang berasal dari 13 desa lingkar tambang di wilayah Kota Bitung dan Minahasa Utara," kata Direktur Utama MSM&TTN Terkelin Karo Karo Purba, di Jakarta, Senin (14/11/2016).

Terkelin menambahkan, beasiswa dengan biaya sebesar Rp 3 miliar ini akan terus dilakukan untuk tahap-tahap berikutnya.

Adapun tujuan program beasiswa ini, diakui Terkelin, adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat sekitar tambang. Selain itu juga, untuk mendukung program Pemprov Sulut dalam pengembangan bidang pariwisata dan peningkatan sumber daya manusia.

Pemprov Sulut memiliki misi yang tertuang dalam Sapta Cita Pembangunan Daerah 2016-2021 yakni mewujudkan Sulut sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berdaya saing. "Program ini menunjang pendidikan dan pariwisata di Sulut. Sampai dengan hari ini ada 20 ribu wisatawan asal China dan kami harapkan mulai 2017 bisa 30 ribu wisatawan tiap tahunnya," ujar perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sulut Gemmy A Kawatu.

KOMPAS/MADINA NUSRAT Seri lari bandara Airport Running Series 2015-2016 di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (19/3/2016), menjadi seri pamungkas dari 4 seri Airport Running Series yang diadakan oleh PT Angkasa Pura I. Ajang ini bertujuan untuk menarik wisatawan.

PenulisRidwan Aji Pitoko
EditorJosephus Primus
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM