Selasa, 28 Maret 2017

Edukasi

Dibuka... Pendaftaran Beasiswa OTS ke Belanda!

Senin, 5 Desember 2016 | 17:13 WIB
Dok Nuffic Neso Indonesia Dua pelajar penerima beasiswa Orang Tulip Scholarship di Arnhem, Belanda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) sudah dibuka untuk tahun akademik 2017-2018. Ada 75 kursi beasiswa dengan total nilai beasiswa mencapai lebih dari 70,000 Euro atau sekitar Rp 10 miliar lebih.

Beasiswa yang diprakarsai oleh Nuffic Neso Indonesia ini terbuka untuk mahasiswa asal Indonesia yang ingin melanjutkan program persiapan akademik (foundation year), sarjana maupun pasca-sarjana di 25 institusi pendidikan tinggi Belanda.

Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker mengatakan total institusi maupun nilai beasiswa OTS tahun ini mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun sebelumnya, yakni berhasil menggandeng 25 institusi pendidikan tinggi Belanda untuk 75 mahasiswa.

"Ini menunjukan kandidat di periode OTS sebelumnya menarik perhatian institusi sehingga memberikan lebih banyak kesempatan bagi anak-anak berpotensi asal Indonesia," ujar Mervin, Senin (5/12/2016). 

Adapun program studi yang ditawarkan meliputi program persiapan akademik (foundation year), gelar sarjana (S-1) maupun pasca-sarjana di perguruan tinggi riset maupun ilmu terapan. Area studi itu terbuka seluruhnya dengan penyampaian dalam Bahasa Inggris mulai dari lingkup seni, ilmu sosial, sains dan lainnya.

"Struktur pendanaan dalam skema setiap periode juga beragam. Sebagian besar berupa potongan biaya kuliah parsial sampai beasiswa penuh, termasuk tambahan biaya hidup, biaya visa, dan atau asuransi," kata Mervin.

Dia menambahkan, saat ini persaingan di lingkungan internasional mengkondisikan orang untuk mampu memahami suatu hal dari berbagai perspektif berbeda sehingga menantang mereka untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Khususnya di Belanda, para pelajar akan bisa menemukan mahasiswa internasional yang berasal lebih dari 190 negara berbeda.

"Kegiatan pembelajaran interaktif dan pengajaran yang berorientasikan mahasiswa bisa menjadi nilai tambah. Ini akan membantu pelajar untuk beradaptasi dengan situasi baru dan tentu saja belajar bersaing di tingkat dunia dalam karir mereka kelak," kat Mervin.

Persiapan

Sebelum memutuskan mendaftar OTS, calon mahasiswa diharuskan terlebih dahulu mendaftarkan program studi yang diinginkan ke salah satu institusi yang terdaftar dalam skema OTS 2017-2018. Selanjutnya, tahap pendaftaran beasiswa ini dilakukan dengan mengirimkan dokumen sesuai ketentuan skema OTS melalui email ke Nuffic Neso Indonesia.

Adapun persyaratan umum untuk melamar beasiswa ini di antaranya formulir OTS yang dapat diunduh di situs resmi Nuffic Neso Indonesia, bukti pendaftaran program studi atau surat penerimaan (letter of acceptance) dari salah satu institusi dalam skema OTS.

Batas pendaftaran secara umum 1 April 2017, namun beberapa skema universitas menerapkan batas berbeda. Informasi daftar perguruan tinggi dalam skema OTS, program studi, dan prosedur pendaftaran serta tenggat waktu bisa dilihat di www.nesoindonesia.or.id/ots.

Penulis: Latief
Editor : Latief
TAG: