Inilah 6 Hal Utama yang Bisa Kamu Nikmati jika Kuliah di Inggris - Kompas.com

Inilah 6 Hal Utama yang Bisa Kamu Nikmati jika Kuliah di Inggris

Yunanto Wiji Utomo
Kompas.com - 31/03/2017, 20:41 WIB
Yunanto Wiji Utomo Stonehenge

KOMPAS.com - Bicara belajar di luar negeri, institusi pendidikan berkualitas saja pastinya tak cukup. Negara atau kota tempat belajar patut jadi salah satu pertimbangan. Tempat tepat bisa memberi pengalaman menarik.

Inggris adalah salah satu negara yang pilihan utama mahasiswa Indonesia. Sebagian besar mahasiswa penerima Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) memilih Inggris sebagai tujuan utama jika ingin ke Eropa.

Apa sebenarnya alasannya? Sejumlah mahasiswa di Inggris yang ditemui Kompas.com dalam media visit bersama British Embassy Jakarta pada November 2016 lalu mengungkapkan, banyak hal yang bisa dinikmati di Inggris.

Rachel Surijata, mahasiswa di Goldsmith, University of London, mengungkapkan bahwa London saja menawarkan banyak hal, mulai museum sampai pertunjukan musik.

"London memang mahal. Tapi di sini kita bisa melakukan banyak hal. Lihat konser musik, nonton teater, dan ada banyak kegiatan," katanya.

Mengunjungi London, Oxford, Birmingham, Stirling, Glasgow, dan Edinburgh, Kompas.com memang menjumpai sejumlah tempat menarik.

Tempat-tempat itulah yang biasa jadi tujuan wisata mahasiswa Indonesia saat liburan musim panas. Berikut daftar tempat-tempat menarik itu.

Stadion Bola

Kuliah di Inggris, siapa pun bisa mendapatkan kesempatan nonton bola secara langsung dengan biaya lebih murah karena tak perlu membayar ongkos pesawat yang biayanya bisa Rp 13 juta.

Tanpa ada pertandingan bola sekali pun, siapa pun bisa mengunjungi kota dan stadium sejumlah klub seperti Anfield milik Liverpool, Emirates milik Arsenal, Old Trafford milik Manchester United dan lainnya.

Museum

Inggris bisa dibilang salah satu negara yang punya museum paling banyak. Sebagian besar museum juga bisa diakses secara gratis.

London misalnya, punya Natural History Museum yang menarik perhatian penyuka alam dan hewan, Victoria Museum bagi penyuka kebudayaan, hingga Royal Air Force Museum bagi yang gemar pesawat.

Ada pula museum yang berbayar seperti Sherlock Holmes dan Madame Tussauds. Untuk Masuk, biayanya sekitar 15 - 35 Pound Sterling.

Oxford juga memiliki museum yang menarik. Museum of Oxford, seperti halnya British Museum di London, menyimpan mumi yang jarang ditemui di museum-museum di Asia.

Di Skotlandia, ada The Hunterian yang terletak satu lokasi dengan University of Glasgow. Museum itu menyimpan 900 lukisan dan koleksi arkeologi berharga.

Konser Musik

Mau band indie ataupun artis terkenal, banyak konser musik diadakan di Inggris. Kuliah di Inggris, siapa pun bisa punya kesempatan lebih besar untuk menonton pertunjukan artis favorit.

Wembley Stadium dan Royal Albert Hall adalah dua tempat untuk konser musik yang bisa dijangkau jika kuliah di London.

Kastil

Jika Indonesia punya banyak keraton, Inggris punya banyak kastil. Sejumlah kastil bisa dikunjungi dengan biaya yang terjangkau.

Salah satu kastil yang dikunjungi Kompas.com adalah Stirling Castle di Stirling, satu jam perjalanan dari Glasgow.

Di dekat kastil terdapat jembatan bersejarah tempat terjadinya perang bersejarah kemerdekaan Skotlandia sekitar 7 abad yang lalu.

Di England, tepatnya Oxfordshire, terdapat Bleinheim Palace. Ini adalah tempat kelahiran Sir Winston Churchill, perdana menteri Inggris masa Perang Dunia ke-2, salah satu bapak demokrasi, dan peraih nobel.

Menjadi mahasiswa di Inggris, siapa pun bisa mengunjungi kastil itu dan menikmati sejumlah benda-benda milik Churchill dan lingkungan masa kecilnya.

Stonehenge

Banyak orang mengatakan, Stonehenge hanya tumpukan batu. Namun struktur itu bersejarah karena menjadi bukti awal manusia mengenal waktu.

Stonehenge bisa dicapai dari London lewat perjalanan selama kurang lebih 2 jam dengan mobil pribadi atau bus wisata.

Pengunjung akan mendapatkan recorder yang berfungsi sebagai pengganti guide, memastikan siapa pun mendapatkan pengetahuan tentang Stonehenge.

Tempat Menarik

Sejumlah tempat menarik lain bisa dikunjungi. Menjadi mahasiswa di Inggris, siapa pun bisa mengunjungi The Elephant House di Edinburgh, salah satu tempat JK Rowling menulis Harry Potter.

Ruang publik di Inggris juga menarik untuk dinikmati, seperti Hyde park dan Leicester Square di London, High Street di Oxford, dan lainnya.

Inggris pun menawarkan wisata alam yang indah. Salah satunya Loch Ness, semacam danau dalam yang terletak di dataran tinggi Skotlandia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisYunanto Wiji Utomo
EditorYunanto Wiji Utomo
Komentar
Close Ads X